Alasan Mengapa Visi Misi BUMDes Penting?

Pendirian BUMDes membutuhkan visi misi dan program kerja BUMDes untuk dituangkan ke dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). AD/ART ini nantinya akan disahkan dalam Musyawarah Desa (Musdes) dan disahkan melalui Peraturan Desa (Perdes). 

Visi misi BUMDes menjadi hal yang sangat penting karena akan menjadi pokok-pokok haluan berjalannya organisasi BUMDes. Visi misi BUMDes dapat disahkan dalam Musyawarah Desa karena mewakili semangat desa dan masyarakat desa untuk menjadikan BUMDes sebagai lokomotif perubahan.

Sesuai dengan panduan dalam Peraturan Pemerintah no 11 Tahun 2021, visi misi BUMDes pdf dapat diterjemahkan dari visi misi desa. Sehingga nantinya visi misi ketua BUMDes tinggal mengikuti saja dari visi misi desa dan visi misi BUMDes yang telah disahkan dalam Musyawarah Desa. 

Berikut lima alasan mengapa visi misi BUMDes penting:

  1. Visi misi BUMDes mengandung semangat dan harapan dari masyarakat desa dengan menjadikan BUMDes sebagai lembaga ekonomi sosial budaya untuk memajukan desa.
  2. Visi misi BUMDes dapat menjadi haluan pembangunan desa. Jika negara memiliki garis-garis haluan besar negara. Maka desa dan BUMDes dapat menjadikan visi misi BUMDes sebagai haluan pembangunan. 

Misalnya: visi misi BUMDes pertanian dapat disesuaikan dengan desa sebagai lumbung pangan, yaitu dengan memperkuat visi misi sebagai produsen pangan di wilayah. Atau juga bisa meniru visi misi BUMDes Ponggok yang berbasis wisata alam dengan memperkuat visi misi BUMDes dalam bidang usaha wisata. 

  1. Visi misi BUMDes dapat menjadi haluan dalam merancang program kerja. Visi biasanya berbentuk satu kalimat tunggal. Sementara misi dapat dijabarkan sesuai dengan kebutuhkan. Pokok-pokok program kerja dapat menginduk pada misi-misi yang ada. Misalnya dalam visi misi BUMDes pertanian tertulis menjadi pusat produksi bahan pangan wilayah kabupaten. Maka dalam program kerja dapat diturunkan menjadi mendirikan pusat penggilingan padi terbesar yang dapat memenuhi penggilingan lebih dari dua desa.
  2. Visi Misi BUMDes dapat dijadikan acuan pemerintah desa dalam merancang RPJMDes dan juga rencana jangka panjang pemerintah daerah dalam memberikan bantuan dan intervensi. misalnya dalam visi misi BUMDes pertanian tercantum penguatan sebagai produsen bahan pangan. Maka pemerintah desa dan kabupaten dapat mensinergiskan dengan kebutuhan BUMDes. 

Jika ingin mendapatkan pendampingan penyusunan visi misi BUMDes pdf dapat mengikuti training of trainers (TOT) Pendamping BUMDes yang diadakan Bumdes.id setiap bulannya. Bisa menghubungi tim sekretariat Bumdes.id di: 087-805-900800.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET