Arti Revitalisasi BUMDes

Arti Revitalisasi BUMDes
Arti Revitalisasi BUMDes
Arti Revitalisasi BUMDes

Mengapa Pengurus Bumdes Penting Memahami Arti Revitalisasi BUMDes?

Bumdes.id – Sebelum masuk pada pembahasan, mengapa sih sekarang banyak dibahas revitalisasi BUMDes? 

Presiden Joko Widodo pada tahun 2021 kemarin memberikan arahan terkait dengan penyaluran dana desa dengan proses revitalisasi Bumdes.

Presiden menyinggung mengenai banyaknya bumdes mangkrak dan tidak memberikan manfaat ekonomi, dampak sosial dan perkembangan positif bagi desa. Sehingga munculnya kosakata revitalisasi BUMDes.

Lalu, apa arti revitalisasi BUMDes?

Revitalisasi adalah proses mengaktifkan atau menghidupkan kembali. Arti revitalisasi bumdes adalah mengaktifkan kembali peran BUMDes terhadap sistem sosial dan ekonomi di desa. 

Sehingga nantinya bisa memenuhi kontribusi terhadap perkembangan desa. 

Revitalisasi BUMDes melalui perbaikan tata kelola kelembagaan kemudian memperbaiki tata kelola unit usaha (penyusunan usaha BUMDes).

Apa arti revitalisasi BUMDes di bidang tata kelola kelembagaan?

Menurut presiden, arti revitalisasi BUMDes di bidang kelembagaan adalah memperbaiki struktur organisasi dan tata kerja. 

Proses revitalisasi kelembagaan ini melalui pelatihan bumdes untuk mengikuti aturan terbaru sesuai PP 11 Tahun 2021.

Bagaimana langkah-langkah melakukan revitalisasi BUMDes sesuai dengan kelembagaan dalam PP 11 Tahun 2021?

Memulai perbaikan sistem struktur organisasi dan tata kerja BUMDes dapat melalui mendirikan BUMDes yang sesuai dengan pedoman PP 11 Tahun 2021. 

Pendirian BUMDes diawali dari Musyawarah Desa (Musdes) yang kemudian disahkan dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes). 

Melalui musyawarah desa, pengurus BUMDes dibentuk, masyarakat turut berpartisipasi dan perangkat desa dapat berkontribusi. 

Inilah arti revitalisasi bumdes secara kelembagaan sehingga memenuhi asas legalitas dan saling berkontribusi satu sama lain.

Kemudian, bagaimana langkah-langkah revitalisasi BUMDes di bidang unit usaha?

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo di bidang unit usaha adalah meningkatkan skala usaha. 

Mencari dan membuka rantai pasokan nasional sehingga nantinya skala usaha bisa menembus pasar nasional dan pasar internasional. 

Menurut Founder Bumdes.id, untuk menuju peningkatan skala usaha BUMDes, memerlukan kemampuan pengurus BUMDes yang mumpuni. 

Sehingga pengurus BUMDes perlu melalui latihan terlebih dahulu dalam pelatihan BUMDes mengenai wawasan aturan hukum terbaru, penyusunan SOP operasional dan SOP keuangan usaha BUMDes. 

Tahapan demi tahapan ini akan memudahkan BUMDes dalam meningkatkan skala usaha.

Bagaimana mengembangkan revitalisasi setelah BUMDes memiliki struktur organisasi dan unit usaha yang stabil?

Revitalisasi BUMDes dapat bisa untuk meningkatkan status BUMDes menjadi organisasi yang berkelanjutan. 

Status BUMDes berkelanjutan merupakan posisi BUMDes yang memiliki omset usaha miliaran, memiliki dampak kontribusi yang besar bagi ekonomi desa dan memiliki rencana pengembangan kedepan. 

BUMDes berkelanjutan berfokus pada peningkatan kualitas organisasi yang profesional dalam mengelola unit-unit usaha besar dan menarget skala usaha di tingkat internasional.

Jangan lupa mengikuti Konsultasi Bumdes Terpercaya Jogja jika tertarik mengikuti pelatihan Bumdes bisa menghubungi kontak 0857-7290-08000878-0590-0800

Download File RAB Pelatihan Bumdes.id

2 Komentar

  1. Untuk memwujudkan potensi desa mandiri desa mas, maka perlu ada pelatihan SDM dan SDA bumdes dan pemerintahan untuk bisa mengolah menjadi desa wisa ( mendapatkan devisa desa dan masyarakat) boleh disebut pelatihan di desa wisata academik

    1. akan kami kirimkan Proposal Pelatihan dan Pendampingan Bumdes yang ada di Bumdes.id sebagai bahan referensi bapak, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 085-772-900-800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET