Mengapa Konsultasi Bumdes Penting Bagi Pengurus BUMDes?

Pusat Konsultasi Bumdes Jogja
Konsultasi Bumdes Terpercaya Jogja
Konsultasi Bumdes Terpercaya Jogja

Bumdes.id – Coba anda bayangkan menjadi pengurus bumdes, baru saja dilantik lalu tidak tahu apa-apa mengenai organisasi bernama Bumdes. 

Apa yang harus anda lakukan? Kebanyakan orang akan bingung dan akhirnya tidak melakukan apa apa bukan? Bumdes.id seringkali mendampingi  kasus seperti ini saat mengawal pendirian BUMDes. 

Itulah mengapa penting adanya konsultasi bumdes terpercaya bagi pengurus-pengurus bumdes.

Kebanyakan masalah yakni pengurus bumdes baru adalah tidak memahami bentuk organisasi dan karakter BUMDes. 

Aturan terkait Bumdses sudah ada akan tetapi, Masalahnya adalah aturan-aturan hukum ini belum tentu masyarakat bisa dengan mudah memahaminya. 

Format BUMDes akhirnya meniru organisasi lain, misalnya seperti pemerintahan desa.

Padahal desa dengan Bumdes merupakan dua organisasi yang berbeda. Konsultan bumdes terpercaya akan melatih pengurus BUMDes memahami aturan-aturan terbaru.

Materi juga sudah menyesuaikan dengan filosofi pendirian hingga meningkatkan performa pengelolaan BUMDes.

Apa saja masalah BUMDes yang pernah diselesaikan Konsultasi Bumdes Terpercaya Jogja dari Bumdes.id?

Melalui Bumdes.id sebagai konsultan tempat konsultasi bumdes terpercaya setidaknya ada tiga bagian besar yang seringkali ditemukan pada BUMDes-BUMDes di Indonesia. 

A.Masalah filosofi tata kelola dan kelembagaan.
Melalui konsultasi bumdes terpercaya Bumdes.id, peserta akan diberikan wawasan mengenai filosofi pendirian BUMDes sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 11 Tahun 2021.
Perlu diingat bahwa payung hukum terbaru BUMDes bersandarkan pada Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021, bukan lagi pada Undang-Undang Cipta Kerja Tahun 2020 maupun Undang-Undang Desa Tahun 2014. 
B.Masalah Struktur Organisasi dan Tata Kerja
BUMDes merupakan badan hukum yang memiliki struktur terpisah dengan pemerintah desa dan memiliki relasi kerjasama dengan perangkat desa dan anggota BPD.
Masih banyak yang merasa bahwa BUMDes merupakan organisasi yang berada di bawah pemerintah desa.
Atau malah ada yang merasa bahwa BUMDes adalah organisasi swasta.  Posisis BUMDes terpisah tapi tetap berkoordinasi dengan pemerintah desa karena adanya posisi Kepala Desa sebagai pengawas dan penasehat BUMDes.
Selain itu modal BUMDes merupakan penyertaan modal dari desa (yang terpisah). Jadi relasi pemerintah desa dengan BUMDes adalah relasi profesional.
C.Masalah penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) operasional dan penyusunan unit usaha.
BUMDes seringkali terjebak pada operasional kegiatan yang tidak jelas dan tidak memiliki dampak. Padahal menurut konsultasi Bumdes terpercaya Bumdes.id.
BUMDes memiliki kewenangan besar sebagai agregator dan konsolidator usaha-usaha di desa, bahkan menciptakan potensi unggulan baru ke taraf yang lebih tinggi.
Melalui konsultasi BUMDes dengan bumdes.id, pengurus BUMDes akan menyusun sistem operasional BUMDes, pemetaan potensi usaha serta SOP penyusunan usaha BUMDes. 
D.Masalah-masalah SOP penyusunan laporan keuangan.

Siapa nih pengurus BUMDes yang malah tidak tahu bahwa BUMDes memiliki sistem penyusunan laporan keuangan yang profesional menurut PP 11 Tahun 2021.

Melalui konsultasi bumdes terpercaya bumdes.id, pengurus bumdes akan mendapatkan pelajaran dan latihan untuk menyusun laporan keuangan meliputi laporan realisasi anggaran hingga konsolidasi laporan keuangan unit usaha BUMDes. 

Jangan lupa mengikuti Konsultasi Bumdes Terpercaya Jogja jika tertarik mengikuti pelatihan Bumdes bisa menghubungi kontak 0857-7290-08000878-0590-0800.

Download File RAB Pelatihan Bumdes.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET