Artifical Intelligence untuk BUMDes

Bumdes.id – Masih pada materi Deepening Desa BRILian tahun 2023 yang dibawakan Kurniawan, S.E. M.AK mengenai inovasi BUMDes yang dilanjutkan dengan menggunakan artificial intelligence (AI) untuk pengembangan BUMDes. 

Artificial intelligence (AI) menjadi booming tatkala Chat GPT milik Microsoft dan Google Bard milik Google diperkenalkan kepada publik. Dua AI yang berfokus membantu manusia untuk menulis, mendesain dan mengumpulkan informasi diprediksikan akan menggantikan kerja-kerja manusia. 

Kurniawan berpandangan bahwa pengurus BUMDes tidak bisa melepaskan diri dari kehadiran AI. AI sendiri sekarang telah banyak digunakan pekerja media untuk memudahkan pekerjaan mereka. Mulai dari membantu mengumpulkan informasi, membantu mendesain logo hingga membantu melakukan pengaturan manajemen digital. 

Artifical Intelligence juga dapat digunakan pengurus BUMDes untuk mengembangkan daya inovasi dan kreasi seperti yang dikerjakan para pekerja media untuk membantu mendesain logo unit bisnis BUMDes, membuat mock-up proposal kerjasama hingga mengumpulkan informasi seputar riset pasar terkait dengan proyeksi bisnis yang akan dikerjakan. 

 

Berikut beberapa tools AI yang bisa digunakan pengurus BUMDes untuk mempermudah kerja dan membantu mendorong tumbuh kembang inovasi dan kreasi BUMDes:

  1. Analisa Bisnis (validatorai.com)
  2. Analisa Pasar (trends.google.com)
  3. Nama & Logo Bisnis (namelix.com)
  4. Judul / Headline Produk (chat.openai.com)
  5. Deskripsi Produk (chat.openai.com)
  6. Follow-up Customer (scripmatic.id)

Selain tools-tools di atas, terdapat juga tools media marketing yang bisa digunakan pengurus BUMDes untuk mendesain, mempercantik dan mengatur ulang marketing media baik yang melalui sosial media (instagram, facebook) dan juga pesan instan (whatsapp bisnis). 

  1. Yodayo.com (foto dan gambar)
  2. App.mokker.ai (foto dan gambar)
  3. Flexclip.com (AI video)
  4. Remini.ai (AI video)
  5. JASPER AI (copywriting)
  6. Headlime (landing page)
  7. Userbot.ai (conversation management)
  8. Repli.io (email replies assistant)
  9. Influencity (for influence marketing)

Pada akhir sesi, Kurniawan memberikan cara/simulasi dalam mengakses dan mengoperasionalkan tools-tools AI di atas. Harapannya dapat memudahkan pekerjaan pengurus BUMDes dalam meningkatkan tumbuh kembang inovasi dan kreativitas BUMDes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *