BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kelurahan Sendangtirto

Tim Bumdes melakukan BIMTEK pengembangan kapasitas SDM pengelola usaha dan Anggota Bumdes di wilayah kelurahan Sendangtirto pada 12 Juli 2022.

Kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Kelurahan Sendangtirto, Pihak BPKal, Pengurus BUMKal Makmur Mandiri, Pengawas BUMKal Makmur Mandiri, Manager unit BUMKal Makmur Mandiri, FORKOM Kelurahan Sendangtirto, POKDARWIS Kelurahan Sendangtirto, Karang Taruna, PKK, dan GAPOKTAN Adelia Sulistyani, S.Ak. 

Bimtek ini menjelaskan terkait dengan materi yakni Penyusunan Program Kerja dan Anggaran BUM Desa sesuai dengan PP No 11 Tahun 2021 dan Permendesa No 3 Tahun 2021, Acara Bimtek berlokasi di Aveon Hotel Yogyakarta.

Pada tanggal 12 Juli 2022, Tim konsultan Bumdes.id menghadiri kegiatan BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kelurahan Sendangtirto oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman yang berlokasi di Aveon Hotel Yogyakarta. 

Kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Kelurahan Sendangtirto, Pihak BPKal, Pengurus BUMKal Makmur Mandiri, Pengawas BUMKal Makmur Mandiri, Manager unit BUMKal Makmur Mandiri, FORKOM Kelurahan Sendangtirto, POKDARWIS Kelurahan Sendangtirto, Karang Taruna, PKK, dan GAPOKTAN.  

Pada sesi ketiga, Tim konsultan Bumdes.id, Adelia Sulistyani, memberikan pemaparan materi terkait dengan Penyusunan Program Kerja dan Anggaran BUM Desa sesuai dengan PP No 11 Tahun 2021 dan Permendesa No 3 Tahun 2021. 

Pemaparan materi meliputi definisi Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa, Urgensi atau pentingnya BUM Desa harus menyusun Rencana Program Kerja dan Anggaran. 

Mekanisme penyusunan Rencana Program Kerja dan Anggaran, dan contoh case yang ditemui di lapangan terkait dengan penyusunan Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa.  

Dari sisi kelembagaan BUMKal, BUMKal Makmur Mandiri belum pernah menyusun Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa. 

Hal ini menjadi kendala bagi BUMKal Makmur Mandiri mengingat Rencana Program Kerja dan Anggaran BUM Desa merupakan dokumen yang dipersyaratkan dalam pendaftaran sertifikat badan hukum BUM Desa. 

Pada sesi ini, diskusi aktif secara dua arah membahas terkait dengan bagaimana mekanisme penyusunan proyeksi atau anggaran yang selanjutnya menjadi bagian penting dalam Rencana Program Kerja dan Anggaran serta membahas terkait dengan tantangan usaha serta strategi yang harus diambil dari usaha yang dijalankan.  

Harapannya, setelah dilaksanakan BIMTEK terkait dengan materi Penyusunan Program Kerja dan Anggaran BUM Desa, pengurus BUMKal Makmur Mandiri dapat mulai menyusun draft Program Kerja dan Anggaran BUM Desa. 

Sehingga, BUMKal Makmur Mandiri dapat segera mendaftarkan sertifikat badan hukum ke Kemendesa dan acara ini merupakan kerjasama antara Bumdes dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman.

Pendampingan Klaster selama 6 kali ke Kelurahan Sendangtirto. Pada pertemuan ke 2 pendampingan cluster akan membahas tindak lanjut materi Penyusunan Rencana Program Kerja dan Anggaran yang sudah dipaparkan pada saat BIMTEK In Class. 

Pada pendampingan ke 2, tim konsultan akan fokus pada pendampingan sekaligus penyusunan dokumen Rencana Program Kerja dan Anggaran BUMKal Makmur Mandiri. 

Sehingga, BUMKal Makmur Mandiri dapat segera mendaftarkan sertifikat badan hukum ke Kemendesa.

BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kelurahan Sendangtirto merupakan tindak lanjut dari arahan Program Unggulan Partisipasi Masyarakat (PUPM) yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. 

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggandeng tim bumdes.id untuk mendampingi BUM Desa di wilayah Kelurahan Sendangtirto, baik dari sisi kelembagaan, inovasi, digitalisasi dan keuangan. 

Harapannya, setelah kegiatan pendampingan selesai dilaksanakan, BUM Desa di wilayah Kelurahan Sendangtirto dapat melakukan launching produk unggulan desanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET