Pendampingan Cluster 3 BUM Desa Sidomoyo Bersama Bumdes.id

Bumdes.id – Tim Bumdes melakukan  Pendampingan cluster 3 BUM Desa Sidomoyo Bersama Bumdes.id pada tanggal 7 Juni 2022.

Peserta yang hadir berjumlah 16 orang yang terdiri dari unsur Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kab Sleman, Pemerintah Kelurahan Sidomoyo, BPKal, FORKOM, Pengurus BUM Desa Sidomoyo, Pelaku Usaha, UMKM, Karang Taruna, PKK dan Tokoh Masyarakat

Sebagai pemateri dari tim Bumdes.id yakni Fandi Galang Wicaksana, S.Pd., M.Ak dan lokasi Omah Joglo Tajen, Kelurahan Sidomoyo.

Tim bumdes.id melakukan pendampingan ketiga cluster BUM Desa Makmur Sidomoyo, Kelurahan Sidomoyo pada tanggal 08 Juli 2022 yang berlokasi di Omah Joglo Tajen, Kelurahan Sidomoyo. 

Pendampingan ketiga dihadiri oleh pihak perwakilan dari Pemerintah Kelurahan Sidomoyo, BPKal, FORKOM, Pengurus BUM Desa Sidomoyo, Pelaku Usaha, UMKM, Karang Taruna, PKK, Tokoh Masyarakat, dan Tim perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. 

Materi yang diberikan terkait dengan materi inovasi dengan output berupa penyusunan dokumen design thinking dan business plan. 

Dari segi potensi, Kelurahan Sidomoyo memiliki potensi yang sangat kaya mulai dari potensi peternakan kambing, peternakan sapi, perikanan, UMKM, dan rumah-rumah joglo. 

Melalui potensi tersebut, peserta yang hadir dipandu oleh tim konsultan sepakat untuk mengembangkan paket wisata dan edukasi budaya. 

Paket wisata dan edukasi budaya tersebut diharapkan dapat mengintegrasi seluruh aspek potensi yang ada di Kelurahan Sidomoyo meliputi peternakan, perikanan, UMKM, dan situs-situs budaya. 

Tim konsultan bersama dengan peserta kegiatan juga melakukan pemetaan bentang sekaligus survei lokasi yang rencana akan dijadikan pasar mataraman.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara bumdes.id dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman.

Rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan berupa pendampingan cluster ke 4 untuk menindaklanjuti hal yang sudah disepakati dan dibahas pada pendampingan ke 3 terkait dengan paket wisata yang ingin dikembangkan oleh pihak BUM Desa.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam pendampingan cluster ke 3 materi inovasi BUM Desa Sidomoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET