Bimtek Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota Bumdes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo

Bimtek Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota Bumdes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo

Bimtek Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota Bumdes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo

Bumdes.id menjadi pemateri pada Bimbingan teknis pengembangan kapasitas SDM pengelola usaha dan anggota Bumdes di wilayah Sardonoharjo.

Acara digelar secara offline pada 18 Juli 2022 dan kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Kalurahan Sardonoharjo berlokasi di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center.

Tidak hanya itu hadir juga pihak BPKal, Pengurus BUMDesa Bintang 18, Pengawas BUMDesa Bintang 18, FORKOM Kalurahan Sardonoharjo, Karang Taruna, PKK, dan GAPOKTAN.

Tim Bumdes diwakili oleh Adelia Sulistyani, S.Ak. Materi terkait dengan Filosofi dan Manajemen Holding BUM Desa.

Tim konsultan Bumdes.id menghadiri kegiatan BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman yang berlokasi di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center. 

Kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Kalurahan Sardonoharjo, Pihak BPKal, Pengurus BUMDesa Bintang 18, Pengawas BUMDesa Bintang 18, FORKOM Kalurahan Sardonoharjo, Karang Taruna, PKK, dan GAPOKTAN.  

Pada sesi ketiga, Tim konsultan Bumdes.id, Adelia Sulistyani, memberikan pemaparan materi terkait dengan Filosofi dan Manajemen Holding BUM Desa. 

Pemaparan ini menjelaskan terkait dengan pentingnya peran BUM Desa sebagai holding/induk atas unit-unit usaha yang ada. Sebagai holding/induk, BUM Desa dapat melakukan peran terkait dengan perencanaan, pengkoordinasiaan, dan pengendalian dari masing-masing unit usaha. 

BUM Desa diharapkan jangan hanya menjadi pelaku usaha, namun BUM Desa berperan dalam aspek manajemen. Dalam artian, BUM Desa bisa berkolaborasi dengan kelompok masyarakat seperti POKDARWIS, Karang Taruna dalam hal kerja sama atau mitra. 

Salah satu contoh pengembangan usaha holding atau usaha bersama adalah pengembangan paket wisata desa. Pengembangan paket wisata desa bisa merangkul POKDARWIS, Karang Taruna, UMKM, dan masyarakat sekitar untuk kolaborasi kerja sama. 

Kalurahan Sardonoharjo kaya akan potensi alam yang sebenarnya bisa dikembangkan menjadi paket wisata. Adapun potensi yang ada di Sardonoharjo yaitu Watu Ledhek, Selo Kendel, Sendang Panewon, Kedung Ngelo, Wadas Gempal. 

Jika kedepannya potensi ini bisa diusung menjadi paket wisata, maka unit usaha yang terbentuk dapat merangkul banyak pihak dari unsur masyarakat dan kelompok masyarakat Sardonoharjo.

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman untuk pendampingan Klaster selama 6 kali ke Kalurahan Sardonoharjo sebagai tindak lanjut dari agenda BIMTEK Inclass selama 3 hari mulai dari tanggal 18 Juli 2022 – 20 Juli 2022. 

Pada pendampingan cluster, tim konsultan Bumdes.id akan mendampingi terkait aspek kelembagaan, inovasi, keuangan dan digitalisasi.

BIMTEK Pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Usaha dan Anggota BUMDes di Wilayah Kalurahan Sardonoharjo merupakan tindak lanjut dari arahan Program Unggulan Partisipasi Masyarakat (PUPM) yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. 

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggandeng tim bumdes.id untuk mendampingi BUM Desa di wilayah Kalurahan Sardonoharjo, baik dari sisi kelembagaan, inovasi, digitalisasi dan keuangan. 

Harapannya, setelah kegiatan pendampingan selesai dilaksanakan, BUM Desa di wilayah Kalurahan Sardonoharjo dapat melakukan launching unit usaha maupun produk unggulan desanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET