Kemendes Selenggarakan TOT Penguatan BUM Desa Secara Serentak di 5 Titik (Ternate, Labuan Bajo, Sorong 1 & 2, dan Masohi)

Bumdes.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Bumdes.id sebagai tenaga ahli untuk training of trainers (TOT) Penguatan BUM Desa di 5 titik yang menjadi fokus program TEKAD dengan tema “Penguatan BUM Desa dan Lembaga Ekonomi Desa Lainnya”.

Program TEKAD sendiri merupakan akronim dari Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu yang berfokus pada pengembangan ekonomi daerah/desa di wilayah Indonesia Timur dengan mengambil skema dari dana hibah/pinjaman dari lembaga internasional. 

Kegiatan Training of Trainers (TOT) menyasar penggerak dan pengurus BUM Desa serta pemangku kepentingan desa antara lain tim Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) masing-masing provinsi, pencinta desa, tokoh masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS), perwakilan pemerintah daerah, pegiat masyarakat, analis pemanfaatan iptek, fasilitator pemberdayaan, dosen, guru, yayasan, tenaga pendamping profesional, pendamping desa, pendamping lokal desa, pendamping masyarakat, swasta, pemerintah desa, pengelola pemberdayaan, perlindungan, perempuan dan anak, pendeta, dan perwakilan masyarakat lokal. 

Training of Trainers (TOT) berlangsung selama 4 (empat) hari di 5 (lima) Wilayah Indonesia Timur diantaranya 1). Labuhan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur tanggal 01 – 04 November 2023, 2). Ternate, Provinsi Maluku Utara tanggal 31 Oktober – 03 November 2023, 3). Masohi, Provinsi Maluku Tengah tanggal 01 – 04 November 2023, 4). Sorong I, Provinsi Papua Barat tanggal 01 – 04 November 2023 dan 5) Sorong II, Provinsi Papua Barat Daya tanggal 01 – 04 November 2023.   

Bumdes.id menurunkan 9 (Sembilan) orang tim pelatih untuk menjadi narasumber dan pemimpin dalam kegiatan tersebut diantaranya Ibu Diana Septi Astiartawardani, Ibu Tristi Sintawati, Bapak Raden Agus Choliq, Bapak Edy Risdiyanto, Saudara Havri Ahsanul Fuah, Saudara Widodo Prasetyo Utomo, Saudara Maulana Riska Mahendra, Saudari Siti Hasna Fathimah, dan Saudari Triana Jelita Prihastuti.

Tim Bumdes.id dibagi dalam 5 (lima) tim dengan penugasan masing-masing sebagai berikut: 1). Ibu Diana dan Ibu Sinta bertugas di Labuhan Bajo, 2) Bapak Edy dan Saudara Triana bertugas di Masohi, 3). Saudara Havri dan Saudara Pras bertugas di Ternate, 4). Bapak Agus Choliq bertugas di Sorong I, dan 5) Saudara Maulana dan Saudari Hasna bertugas di Sorong II.

Kemendesa PDTT tidak hanya menerjukan tim dari bumdes.id tetapi juga menurunkan tim pelatih dari hasil kegiatan Master Of Trainers (MOT) yang telah dilaksanakan sebelumnya di Ambon. Tim Bumdes.id berperan sebagai koordinator tim pelatih TOT dan pengarah pelatih TOT dalam memberikan pelatihan kepada peserta Training of Trainers “Penguatan BUM Desa dan Lembaga Ekonomi Desa Lainnya”.

Para peserta mendapat beberapa materi sesuai dengan modul yang telah disusun oleh tim trainers bumdes.id diantaranya 1). Modul Metode Pelatihan dan Ice Breaking, 2). Modul Legalitas BUM Desa, 3). Modul Perencanaan Bisnis, 4). Modul Manajemen Operasional, 5). Modul Pemasaran, 6). Modul Manajemen Komunikasi BUM Desa, dan 7). Modul Manajemen Keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *