Kemitraan Narasumber Pelatihan Bisnis Plan dan Manajemen BUM Desa Periode Februari 2023

Kemitraan Narasumber Pelatihan Bumdes Biro Bina Bermas 2023

Sepanjang bulan Februari 2023, Bumdes.id menjadi mitra narasumber Pelatihan Bisnis Plan dan Manajemen BUM Desa yang diadakan Biro Bina Bermas Sekretariat Daerah Provinsi DIY dengan menyasar enam titik pelatihan di tiga kabupaten. Enam titik pelatihan tersebut antara lain Kalurahan Kedungkeris, Nglipar, Gunungkidul. Kalurahan Nomporejo, Galur, Kulon Progo. Kalurahan Baleharjo, Wonosari, Gunung Kidul. Kalurahan Argosari, Sedayu, Bantul. Kalurahan Panjatan, Panjatan, Kulon Progo dan Kalurahan Giripeni, Wates, Kulon Progo. 

Bumdes.id menurunkan tiga orang konsultan dan tenaga ahli untuk menjadi narasumber di enam titik lokasi yakni Fandi Galang Wicaksana, S.Pd., M.Ak, Ton Martono dan Azfa Mutiara Pabulo, S.E.

Pada setiap titik pelatihan dihadiri oleh 30 Peserta per lokasi yang terdiri dari Calon/Pengelola BUM Desa (Direktur, Bendahara, Sekretaris, dan Pengelola Unit Usaha), Lurah, BPKal/Bamuskal, tokoh masyarakat, aparat kalurahan, pendamping lokal desa/pendamping desa, dan unsur lembaga kemasyarakatan kalurahan terkait.

Para peserta mendapat pelatihan dengan materi utama mengenai pengelolaan BUM Desa sesuai dengan payung hukum terbaru yaitu Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021.Setelah pelatihan terdapat sesi diskusi antara peserta dengan narasumber dari Bumdes.id.

Hasil diskusi dengan para peserta didapat hasil bahwa BUM Desa Nomporejo ingin melakukan revitalisasi struktur organisasi BUM Desa dan saat ini sudah menghubungi tim bumdes.id untuk pendampingan. 

Kemudian untuk sesi pelatihan dan diskusi di Kalurahan Giripeni terdapat hasil untuk lebih menggali potensi yang ada di desa agar bisa dijadikan peluang pembentukan BUM Desa dan Unit Usaha BUM Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET