Kepala Desa se-Kecamatan Kao Halmahera Utara Belajar Pengelolaan BUMDes di Jogja (Part I)

Halmahera Utara merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Maluku Utara. Halmahera Utara adalah surga tersembunyi yang terdapat di Maluku Utara. Hamparan laut biru yang mengelilingi wilayah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain memiliki laut biru yang indah, Halmahera Utara juga dikelilingi oleh ribuan pohon kelapa yang tumbuh subur dan tinggi menjulang. Pohon kelapa ini menjadi potensi utama yang dimiliki oleh Halmahera Utara.

Oleh karena itu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Halmahera Utara khususnya Kecamatan Kao memiliki impian untuk mengelola kelapa menjadi sebuah produk yang dikembangkan oleh BUMDes se-Kecamatan Kao. Tujuan mulia inilah yang menghantarkan Kepala Desa dari 14 Desa se-Kecamatan Kao, Halmahera Utara mengikuti Pelatihan Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara yang diselenggarakan oleh Bumdes.id di Kantor Syncore dan studi lapangan di PT Krambil Idjo Jogja dan Kampoeng Mataraman Panggungharjo (25-27 April 2019).

Hari pertama, peserta pelatihan penguatan kapasitas pengelolaan BUMDes ini mendapatkan materi tentang Membangun Indonesia Dari Desa – Filosofi dan Kelembagaan BUMDesa yang dinarasumberi oleh Prof. Gunawan Sumodiningrat. Beliau menjelaskan, membangun ialah sebuah proses, tindakan, dan kebahagiaan. Prof. Gunawan berkata, tujuan hidup itu adalah bahagia. Kebahagiaan merupakan proses dari awal sampai akhir, dan untuk mencapai kebahagiaan terdapat tolok ukur didalamnya. Dalam menentukan kebahagiaan itu ada ukurannya tersendiri (indikator kebahagiaan). Berawal dari proses, membuahkan hasil, dan menimbulkan kebahagiaan. “Happiness atau kebahagiaan ini sebuah proses yang dilakukan oleh diri sendiri. Jika diterapkan dalam pembangunan itu suatu proses untuk mencapai kebahagiaan. Sekarang, besok, dan besoknya lagi harus bahagia. Bangun itu tujuannya bahagia, tapi bahagia yang terukur, seperti sehat, senang, dan kaya (3S). Agar terwujud harus fokus, terukur, rencana, partisipasi, dan keberlanjutan.” Imbuh Prof. Gunawan.

Prof. Gunawan juga memaparkan perihal Pemberdayaan Masyarakat – Menjadikan masyarakat UMKM Entrepreneur. Alur dari kehidupan ini adalah produksi, proses, kerja, memiliki pendapatan, mendapatkan keuntungan, dan menabung. Dalam berbisnis, harus terdiri dari proses produksi, distribusi, konsumsi, dan tidak lupa berbagi. Berdasarkan filosofi, membangun adalah cerita yang diulang-ulang, menjadi kebiasaan (teori), dan menghasilkan bahagia (Produksi – Distribusi – Konsumsi). Orang hidup harus berkonsumsi, berpendapatan, dan mempunyai tabungan, sehingga ini menjadi kebutuhan berbangsa dan bernegara.

Selain Prof. Gunawan, terdapat narasumber lainnya, yakni Gunung Wiryanto. Menurut Gunawan, BUMDes harus memiliki satu kesatuan dengan RPJMDes. Dalam RPJMDes terdapat visi dan misi Kepala Desa. Jadi, untuk menyelesaikan persamalahan kemiskinan di desa tidak hanya Kepala Desa yang mengatasinya seorang diri. Semua elemen masyarakat seperti Kelompok Tani, PKK, dan lainnya wajib ikut serta dalam menyelesaikan permasalahan desa.

Gunung juga menyampaikan, setiap BUMDes harus memiliki jenis usaha yang prospek. Maka dilakukan analisa usaha berbasis data dalam peningkatan kesejahteraan. Selain itu, konsumen utama dari usaha yang dikelola BUMDes adalah masyarakat desa. Jika konsumennya bukan masyarakat desa, maka jenis usaha yang mungkin dikembangkan adalah tempat wisata.

Dari hasil analisa usaha ini dapat ditemukan pekerja (jumlah pekerjanya berapa), modal (butuh modalnya berapa), tata cara administrasinya, Badan Hukum untuk unit usaha (CV atau PT), rencana AD/ART (draft), Satuan Operasional Prosedur (SOP), rencana menyusun draft Peraturan Desa – BUMDes, dan rugi laba. Jadi, tim analisa harus bertemu rugi laba, dan siapa konsumennya.

Mau tahu lebih lanjut tentang pendidikan dan pelatihan BUMDes? Bagaimana cara pemetaan potensi dan masalah menjadi usaha BUMDes? Ayo kunjungi Sekolah BUMDes, yang mana Sahabat BUMDes akan mendapatkan materi perihal usaha BUMDes dan juga Cek Kesehatan Usaha (CKU) BUMDes. Selain itu, Sahabat BUMDes juga bisa melakukan kunjungan ke BUMDes-BUMDes terbaik di Jogjakarta bersama Bumdes ID sehingga bisa mengadopsi berbagai ilmu dari BUMDes-BUMDes tersebut dan transfer ilmu serta mampu menerapkannya di BUMDes masing-masing. Informasi pendaftaran Sekolah BUMDes lebih lanjut silakan hubungi nomor 0857 72 900 800. (Ayuresti/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET