Kesejahteraan dari BUM Desa

Kesejahteraan dari BUM Desa

Dalam suatu desa tentu ingin mencapai sebuah kesejahteraan baik dari segi ekonomi, sosial dan dari segi yang lainnya bagi masyarakatnya.

Tercapainya kesejahteraan masyarakat suatu desa tidak luput dari kolaborasi seluruh lapisan pemerintahan desa maupun masyarakat itu sendiri.

Kolaborasi yang tercipta didasarkan pada persamaan tujuan dan persepsi akan memunculkan rasa saling memiliki satu sama lain dalam artian kepedulian dan simpati yang tinggi antar masyarakat desa.

Dengan kesamaan tersebut maka akan terciptanya lingkungan yang tertib, aman, rukun dan harmonis dari segala lapisan masyarakat.

Pemerintah desa juga memiliki andil dalam terciptanya kesejahteraan masyarakat terutama dalam wilayahnya. Salah satu bentuk andil dari pemerintah desa dengan dibentuknya Badan Usaha  Milik Desa (BUM Desa).

Seperti halnya di Pandowoharjo, Sleman dengan adanya BUM Desa Amarta yang mengelola sampah rumah tangga menjadikan lingkungan Pandowoharjo menjadi bebas sampah.

Masyarakat Pandowoharjo mendukung dengan program pemerintahan yang ada sehingga tercipta lingkungan yang sedemikian rupa.

Seluruh lapisan masyarakat kini memiliki rasa peduli lingkungan, toleransi, dan simpati terhadap lingkungan sekitar.  

BUM Desa Amarta tidak hanya berfokus kepada pengelolaan sampah tetapi juga usaha-usaha lain yang dengan tujuan utama terciptanya masyarakat yang sejahtera.

Sehingga tidak hanya masyarakat Pendowoharjo saja yang merasakan manfaat dari BUM Desa Amarta tetapi juga masyarakat diluar Pendowoharjo.

Mulai banyak masyarakat di luar Pandowoharjo yang bermitra dengan BUM Desa Amarta dalam mempromosikan berbagai usaha industri maupun kuliner. 

BUM Desa Amarta juga memiliki beberapa unit bisnis diluar pengelolaan sampah yang bekerjasama dengan kelompok masyarakat seperti halnya produksi beras.

Produksi beras lokal di Desa Pandowoharjo juga semakin berkembang dan tersebar luas di masyarakat D.I. Yogyakarta berkat kemitraan yang dibangun antara BUM Desa Amarta dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pendowo Mulyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET