Rangkuman TOT Bumdes Online: Wahyudi Anggoro Hadi Berbagi Kesuksesan Memimpin Desa Panggungharjo

Akreditasi Usaha BUMDes

Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi pada 12 April 2023 membagikan pengalamannya memimpin pembangunan Panggungharjo selama dua periode kepemimpinannya. 

Alumni Fakultas Farmasi UGM ini mengisi satu sesi penuh pada Training of Trainers (TOT) yang diadakan Bumdes.id secara online dan diikuti oleh pengurus BUMDes dan perangkat desa dari berbagai daerah di Indonesia.

Wahyudi membuka pemaparannya dengan mengingatkan kembali kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja tahun 2020 serta dampaknya bagi desa dan BUMDes.

Terutama dengan berubahnya konsep BUMDes dari status “badan usaha” menjadi “badan hukum” yang didirikan oleh masyarakat desa. 

Konsep-konsep inilah yang kemudian diimplementasikan ke dalam BUMDes Desa Panggungharjo. Wahyudi menggarisbawahi bahwa beberapa kesuksesan di Panggungharjo digerakkan oleh BUMDes yang didirikan melalui Musyawarah Desa. 

Beberapa keberhasilan Panggungharjo seperti mendapat penghargaan sebagai Desa Unicorn, Desa Center of Excellence, Memiliki BUMDes terbaik, menjadi desa dengan sistem informasi desa terbaik, menjadi desa juara dalam program perlindungan sosial dan ketenagakerjaan.

Sampai saat ini setidaknya ada tiga unit usaha di bawah BUMDes dan Desa Panggungharjo yang bergerak dan aktif menjadi agregator ekonomi desa.

Di antaranya adalah:

1.Unit Usaha Kampung Mataraman

Merupakan salah satu unit usaha dibawah BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo dan menjadi unit usaha pertama yang didampingi Bumdes.id untuk tumbuh dan berkembang. 

Unit usaha ini berfokus pada penyedian sandang dan pangan bagi wisatawan dengan konsep mengedepankan kekayaan budaya Mataraman (Jawa) dan pada tahun 2017 berhasil menjadi satu-satunya penyumbang pendapatan terbesar BUMDes.

Kampung Mataraman juga berhasil mengubah lahan tidur kas desa menjadi lahan produktif dan menyerap tenaga kerja dalam bentuk padat karya. 

2.Unit usaha Pengelolaan Lingkungan

Berawal dari prinsip tanggung jawab lingkungan dan sosial, pengelolaan diawali dengan mengelola sampah di lingkungan desa dimulai di tahun 2013 dan diperkuat dengan regulasi penataan sampah anorganik dan organik di tahun 2017.

Pada tahun 2019, unit usaha ini dikembangkan dan diintegrasikan dengan bank sampah dan tabungan emas. Sampah-sampah dari masyarakat dikumpulkan dan dikelola bank sampah serta dikonversi ke dalam bentuk tabungan emas. 

3.Unit Usaha Tamanu Oils

Merupakan unit usaha yang memberdayakan minyak nyamplung untuk dikelola menjadi minyak siap edar dan dapat digunakan masyarakat luas.

Unit usaha ini berdiri sejak tahun 2018, memanfaatkan bentang teknologi warga desa guna meningkatkan nilai tambah atas komoditas alam yang sebelumnya tidak termanfaatkan secara maksimal.

Desa Panggungharjo sendiri menjadi satu-satunya desa yang menghasilkan Tamanu Oils di Indonesia.

Jika ingin mengikuti Training of Trainers (TOT) Bumdes.id dapat menghubungi nomor kontak berikut ini: 085-772-900-800.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET