Kisah Sukses BUMDes Amarta Pandowoharjo Sleman

Kisah Sukses BUMDes Amarta Pandowoharjo Sleman
Kisah Sukses BUMDes Amarta Pandowoharjo Sleman
Kisah Sukses BUMDes Amarta Pandowoharjo Sleman

Profil BUMDes kali ini akan membahas mengenai BUMDes sukses yang pernah menjadi dampingan Bumdes.id. BUMDes Amarta merupakan nama BUMDes milik Desa Pandowoharjo Kabupaten Sleman.

Ciri-ciri BUMDes sukses memiliki profil kelembagaan yang telah tersusun dengan baik. Serta memiliki unit usaha yang berkelangsungan serta memberikan manfaat luas bagi masyarakat desa. 

BUMDes Amarta dikategorikan sebagai BUMDes sukses di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta karena memiliki kelembagaan yang baik serta unit usaha berupa tempat pengelolaan sampah.

Penggilingan beras hingga pengelolaan kolam renang yang memberikan PADes secara signifikan. 

Pemetaan usaha BUMDes Amarta diawali dari kesadaran melihat banyaknya sampah di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, terutama tempat usaha terdekat yaitu Jejamuran. 

BUMDes Amarta kemudian mengambil inisiatif dan program kerja untuk menjadikan pengelolaan sampah dalam bentuk TPS. 

Pengelolaan sampah diawali dari pemilahan sampah organik dan organik dari rumah rumah warga, tempat penampungan usaha hingga tempat pembuangan akhir. Nantinya sampah-sampah organik yang telah dipilah dijadikan kompos.

Proses pembuatan kompos oleh pengurus BUMDes Amarta bekerjasama dengan tim peneliti dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. 

Kompos-kompos kemudian diolah dalam waktu tiga hingga empat minggu. Sementara sampah-sampah anorganik dipilah dan disetorkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DIY.

Pendekatan unit usaha pengelolaan sampah semata-mata bukan hanya pendekatan ekonomi, tetapi juga pendekatan sosial. Dimana BUMDes Amarta ingin menjadi bagian dari pemberi solusi kepada masalah-masalah yang ada di sekitarnya.

Berawal dari pengelolaan sampah, BUMDes Amarta kemudian berhasil mendapat banyak akses jaringan seperti tawaran modal dari perbankan untuk memperluas tempat pengelolaan sampah.

Jaringan distributor pengolah barang-barang rongsokan dan bahkan memperluas wilayah usahanya dalam bidang pupuk, pengolahan beras dan sembako serta yang terbaru pengelolaan unit usaha kolam renang. 

Profil BUMDes Amarta ini berhasil menunjukkan bahwa BUMDes dapat berperan lebih besar dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial di sekitarnya. 

Dimulai dengan memetakan potensi usaha di sekitarnya dan mengolahnya menjadi solusi sosial dan juga solusi ekonomi bagi warga masyarakat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET