Kisah Sukses BUMDes Megamendung Jaya Ekspor Kopi ke Qatar

Kisah Sukses BUMDes Megamendung Jaya Ekspor Kopi ke Qatar

BUMDes dapat mendorong tumbuh kembang ekonomi di desa baik yang berbentuk umkm maupun unit usaha sendiri. Cara ini dilakukan dengan mendudukkan BUMDes sebagai wahana dan agregator. 

Menjadi agregator adalah mempertemukan pelaku usaha umkm dengan rantai pasok nasional, baik melalui temu bisnis (business matching) atau pelatihan online untuk meningkatkan kapasitas umkm. 

Sementara menjadi wadah adalah melindungi kepentingan umkm di desa. BUMDes bukanlah kompetitor usaha yang ada di desa, tetapi menjadi wadah yang memangku, melindungi dan bahkan mendorong untuk peningkatan skala usaha.

Contoh-contoh sukses BUMDes menjadi agregator dan wadah ini berhasil dipraktekkan BUMDes di Desa Megamendung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Bumdes Megamendung Jaya yang berada di Desa Megamendung ini membantu UMKM di desanya yang menjadi produsen biji kopi. Kopi merupakan produk-produk unggulan yang dikembangkan warga Desa Megamendung.

Sehingga warga desa tidak hanya mengandalkan obyek wisata semata untuk mendatangkan bagi pendapatan desanya. 

Direktur BUMDes Megamendung Jaya Yusup Solihatul Munawar menyampaikan bahwa pada awalnya pelaku usaha para petani biji kopi ini hanya mampu mengolah produk-produk menjadi bahan mentah saja. Sehingga nilai jual olahan masih susah untuk menembus pasaran. 

BUMDes akhirnya kemudian melakukan proses agregasi dengan mempertemukan pemangku kepentingan untuk meningkatkan skala usaha petani dan pengrajin umkm biji kopi di Megamendung.

Langkah pertama adalah dengan memberikan pelatihan pengolahan biji kopi agar bisa memiliki nilai jual.

Pelatihan ini juga bertujuan memberikan pemahaman bagi pelaku usaha umkm bahwa produk-produk desa jika dikemas dengan baik dapat menembus pasar nasional dan internasional. Produk kopi dikemas dan diberikan register perijinan edar dan juga ijin dinas kesehatan. 

BUMDes juga melakukan pengembangan skala usaha menjadi go digital. Salah satu langkahnya masuk ke dalam program pembimbingan Jabar Go Digital yang dihelat Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Marketplace besar Shopee. 

Sejak BUMDes turun tangan dalam peningkatan skala usaha biji kopi. Kini kopi-kopi di Megamendung dapat dinikmati dalam bentuk sachetan dan kemasan dengan label yang menarik. 

Pencapaian ini ditambah dengan di awal tahun 2023, produk-produk UMKM biji kopi Megamendung berhasil diekspor BUMDes Megamendung Jaya ke Negara Qatar. Negara yang baru saja sukses melaksanakan perhelatan Piala Dunia 2022. 

Pengurus BUMDes dapat meniru langkah-langkah BUMDes Megamendung jaya dengan membantu UMKM di desanya untuk terus tumbuh dan berkembang.

Pengurus BUMDes dapat mengikuti training of trainers (TOT) ataupun Kunjungan Sekolah BUMDes yang diadakan oleh Bumdes.id di Sekolah BUMDes Nogotirto Sleman. 

Dalam TOT dan Kunjungan Sekolah BUMDes, para pengurus BUMDes, perangkat desa hingga pemangku kepentingan terkait akan mendapat materi pemetaan potensi desa, pelatihan penyusunan unit usaha BUMDes hingga penyusunan SOP Laporan Keuangan BUMDes. 

Para pemangku kepentingan seperti pengurus BUMDes, perangkat desa, aparatur negara dan akademisi serta praktisi industri dapat mengikuti TOT BUMDes dan Kunjungan Sekolah BUMDes dengan menghubungi Sekretariat Bumdes.id di nomor: 085-772-900-800.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET