Cara-Cara Mudah untuk Mengembangkan Usaha BUMDes

Cara Mudah untuk Mengembangkan Usaha BUMDes

Badan Usaha Milik Desa atau kerap disebut dengan BUMDes merupakan badan usaha yang dibentuk di suatu desa dengan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam desa di sekitarnya. 

Pembentukan BUMDes ini juga memiliki tujuan yakni dapat membantu masyarakat-masyarakat yang ada di desa untuk meningkatkan kemakmuran serta dengan harapan dapat mempermudah menambah kesejahteraan masyarakatnya. 

Oleh karena itu, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat tersebut maka suatu BUMDes harus dibutuhkan sebuah BUMDes dengan unit usaha yang baik serta kuat dan untuk mendorong suatu desa tersebut agar dapat membantu meningkatkan kualitas BUMDes sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terbentuk dan terbantu pula.

Untuk menentukan suatu jenis unit usaha BUMDes ini, pengelola BUMDes perlu melakukan pemetaan potensi yang dimiliki oleh suatu desa tersebut guna mempermudah menentukan jenis unit usaha. 

Kesuksesan berjalannya unit usaha BUMDes sendiri dapat berjalan dengan lancar tergantung bagaimana cara pengurus BUMDes dalam melakukan pengelolaan serta mengembangkan unit usaha tersebut.

Nah bagaimana sih cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan usaha suatu BUMDes itu sendiri?

Berikut merupakan beberapa cara-cara mudah yang dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha BUMDes, diantaranya :

Memilih Lokasi Strategis untuk Unit Usaha

Penentuan lokasi ini berguna untuk meningkatkan perkembangan unit usaha BUMDes itu sendiri. Pemilihan lokasi yang sesuai dan tepat akan dapat membantu unit usaha BUMDes lebih mudah dijangkau dengan mudah oleh pelanggan dan tentu saja membuat bertambahnya para pelanggan dan memperlancar dan mengembangkan unit usaha BUMDes.

Promosi Produk Unit Usaha Melalui Sosial Media

Promosi merupakan salah satu cara yang paling tepat agar produk yang dimiliki ini dikenal oleh banyak orang dan dari berbagai kalangan. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan maraknya penggunaan sosial media seperti sekarang ini, dirasa sangat cocok sebagai media untuk mempromosikan produk unit usaha BUMDes agar dapat menarik para pelanggan yang tersebar oleh pengguna sosial media.

Promosi produk unit usaha di sosial media ini juga dapat disesuaikan dengan target pasar dan dapat memberikan pelayanan-pelayanan yang dapat memberikan kesan baik terhadap calon pelanggan yang berasal dari pengguna sosial media dari berbagai kalangan.

Meningkatkan Inovasi Unit Usaha 

Memberikan inovasi untuk unit usaha yang sudah dijalankan dalam suatu produk sangatlah penting dan perlu diterapkan, agar para pelanggan juga tidak mudah bosan ketika melihat suatu produk yang dirasa itu-itu saja dan tidak ada perubahan sama sekali.

Inovasi ini dapat dilakukan seperti meningkatkan kualitas produk unit usaha tersebut kemudian bisa juga dilakukan dengan penawaran-penawaran produk baru yang dibuat oleh unit usaha tersebut dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Mengikuti Pelatihan untuk BUMDes

Para pengelola dan pengurus BUMDes sangat perlu mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan program dan kualitas di BUMDes itu sendiri. Pelatihan ini dapat diikuti oleh pengelola BUMDes yang nantinya akan mendapatkan pembekalan materi dan melakukan praktek langsung.

Dengan mengikuti pelatihan BUMDes ini, para pengelola dan pengurus BUMDes diharapkan dapat memberikan inovasi untuk mengembangkan unit usaha BUMDes sesuai dengan pelatihan dan pembekalan yang telah diikuti.

Itulah beberapa cara-cara mudah mengembangkan usaha BUMDes yang dapat diterapkan pada BUMDes masing-masing. 

Apabila ingin mengikuti pelatihan BUMDes Bersama dengan jasa layanan konsultasi Bumdes.id, dapat menghubungi nomor berikut ini 0857-7290-08000878-0590-0800.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET