Kunjungan Sekolah Bumdes Bersama Dinas PMD Kabupaten Buleleng

Kunjungan Sekolah Bumdes Bersama Dinas PMD Kabupaten Buleleng

Pada tanggal 26 November 2022 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buleleng Provinsi Bali mengadakan kunjungan Sekolah BUMDes di Nogotirto Gamping Sleman.

Kunjungan Sekolah BUMDes ini diisi dengan pelatihan materi BUMDes serta studi lapangan ke BUMDes Sukses di Yogyakarta. Jumlah rombongan yang hadir dari Dinas PMD Buleleng mencapai 40 orang yang terdiri atas 30 orang direktur BUMDes dan 10 orang Pendamping Dinas PMD. 

Rombongan diterima di Pendopo Sekolah BUMDes dan disambut langsung Direktur Eksekutif Bumdes.id, Diana Arta, S.E. didampingi dengan Konsultan Bumdes.id, Fandi Galang Wicaksana, S.Pd., M.Ak dan Adelia Sulistyani, S.Ak. Direktur Eksekutif Bumdes.id, Diana Arta, S.E. menyampaikan ucapan selamat datang dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai BUMDes.

Pada sesi pertama, Fandi Galang Wicaksana, S.Pd., M.Ak menyampaikan mengenai Filosofi dan Revitalisasi BUMDes pasca PP 11/2021 dan Permendesa 3/2021. 

Pemaparan materi berjalan dengan sangat lancar dan pesertanya juga sangat aktif. Setelah pemaparan materi selesai, dilakukan diskusi antara pemateri dan peserta tentang masalah-masalah yang terjadi di BUMDes serta solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) dan Cek Kesehatan Usaha (CKU) yang disampaikan oleh konsultan bumdes.id, Adelia Sulistyani. Peserta menyimak pemaparan materi yang membahas tentang keuangan yaitu pengoperasian SAAB. Dengan SAAB peserta akan terbantu untuk mencatat keuangan BUMDes. 

Pengelolaan keuangan sendiri merupakan amanat yang wajib dipenuhi oleh BUMDes sesuai rujukan pada Peraturan Pemerintah no 11 Tahun 2021. Pada penyampaian materi Cek Kesehatan Usaha (CKU), konsultan meminta peserta untuk mengisi form yang sesuai dengan keadaan bumdesnya sekarang.

Hal ini bertujuan agar peserta dapat langsung mengidentifikasi dan praktek langsung pemetaan potensi kelebihan dan kekurangan BUMDes masing-masing. Acara kemudian dilanjutkan dengan studi lapangan ke BUMDes Amarta Pandowoharjo. BUMDes Amarta merupakan BUMDes sukses yang memiliki unit usaha dengan pengembangan usaha terbaik di Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET