Mau Usaha Dagang BUMDes Sukses? Ini Kuncinya!

BUMDes dibentuk dengan tujuan agar desa mandiri secara ekonomi dan mampu memberikan kesejahteraan pada masyarakat sehingga desa mampu tumbuh menjadi kekuatan ekonomi Indonesia. Hal ini tentunya mampu menjadi pemantik BUMDes memiliki kiat-kiat dalam menyukseskan bisnisnya. Salah satunya adalah dalam menyukseskan bisnis dagang. Apa kunci sukses dari bisnis dagang yang dijalankan oleh BUMDes?

1. Mengubah Mindset

Konsep pemikiran menjadi penggerak langkah sebuah usaha, begitu pun dalam usaha dagang.Mindset negatif akan membuat energi kita habis untuk memikirkan hal-hal yang sebenarnya mungkin tak penting atau bisa kita atasi.  Dalam mendirikan usaha dagang, mindset negatif harus disingkirkan, kurangi menghawatirkan kekurangan dana, penolakan dari masyarakat, produk yang dijual tidak akan laku, dan takut rugi.  Pusatkan pikiranmu pada solusi bukan pada masalah,tapi bukan berarti tidak menghiraukan masalah.

2. Ketekunan

Pengurus BUMDes harus mengerti bahwa usaha atau bisnis dagang itu memerlukan waktu dan memerlukan ketekunan karena dalam dunia ini tidak ada yang instan. Tidak ada yang namanya dagangan yang kita jual langsung laku dan bisa membuat kaya mendadak. Tapi usaha dagang ini memerlukan sebuah pengorbanan. Pengurus BUMDes harus memiliki ketekunan untuk merintis usaha dagang ini dengan produk apa yang memiliki banyak pasar dan berpotensi lakunya sangat tinggi.

3. Pengendalian

Pengendalian BUMDes sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi kinerja BUMDes apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan. Hasil evaluasi juga untuk menilai keuntungan, masalah, dan hambatan. Evaluasi akan digunakan untuk menentukan strategi yang akan dijalankan kedepan. pengendalian dilakukan oleh Badan Pengawas bersama masyarakat desa. Kontrol yang intens dapat menghindari terjadinya penyimpangan anggaran BUMDes. karena bila ini yang terjadi, kepercayaan masyarakat terhadap Badan Usaha Milik Desa akan pupus.

Jika kunci-kunci tersebut dapat kalian aplikasikan di usaha dagang BUMDes anda, maka usaha dagang BUMDes anda dapat berjalan dengan lancer. Yang paling penting, jangan pernah merasa takut dalam menjalankan usaha dagang. Karena BUMDes memiliki banyak kekuatan dana dan juga support. Salam BUMDes Sukses, Terus Bergerak! (Ayuresti/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET