Mengenal Toko Desa Kamajaya Mart Besutan BUMDes Kemudo Makmur

Mengenal Toko Desa Kamajaya Mart Besutan BUMDes Kemudo Makmur

Bumdes.id – Pada Mei 2021, sebulan setelah Bumdes.id menuntaskan pendampingan dengan BUMDes Kemudo Makmur. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Kemudo untuk memberikan apresiasi revitalisasi unit usaha BUMDes Kemudo berupa Toko Desa Kamajaya Mart. 

Ini adalah kunjungan kedua Menteri Desa ke BUMDes Kemudo, rombongan disambut oleh Kepala Desa Kemudo Hermawan Kristanto dan Founder Bumdes.id, Dr. Rudy Suryanto, M.Acc. AK., CA. Rombongan Menteri Desa menjajal melakukan pembelian di Toko Kamajaya Mart yang embrio pendiriannya telah ada sejak tahun 2016.

Toko Kamajaya Mart atau biasa disebut dengan Kamajaya Mart adalah toko serba ada yang dikelola BUMDes Kemudo Makmur sejak tahun 2016 dengan dukungan dana CSR dari PT. Sarihusada Generasi Mahardika. Pada awal-awal berdirinya, toko serba ada ini masih berfokus pada penjualan barang serba ada, dan baru di tahun 2021 sampai dengan 2022 mulai berfokus untuk menjadi agregator umkm di desa. 

Pada tahun 2021, saat Bumdes.id ditunjuk PT. Sarihusada Generasi Mahardika untuk mendampingi penguatan bisnis Kamajaya Mart. Bumdes.id berfokus mendampingi Kamajaya Mart ke dalam tiga fokus utama: pendampingan peningkatan model bisnis, pendampingan peningkatan pendapatan usaha serta pendampingan pelatihan digital marketing untuk mendekatkan strategi Kamajaya Mart agar sesuai dengan kondisi pasar hari ini. 

Pendampingan Bumdes.id dilakukan sepanjang Maret sampai dengan Mei 2021 dengan melatih pengurus Kamajaya Mart dan pengurus BUMDes Kemudo Makmur mendapat transfer knowledge berupa pembuatan master plan toko desa yang sesuai dengan kondisi pasar di tengah pandemi covid-19 dan paska pandemi, pendampingan penyusunan business plan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, serta pendampingan pembentukan toko desa sebagai jejaring umkm di desa. 

Tim Bumdes.id pada saat pendampingan juga melakukan observasi lapangan, melakukan asesmen kompetitor dan asesmen model bisnis yang akan diterapkan. 

Asesmen lapangan dilaksanakan untuk mengetahui kondisi bangunan toko, kebutuhan peralatan, akses jalan, segmentasi pasar, segmentasi produk, survey kompetitor dan pengumpulan informasi lainnya terkait dengan rencana pembukaan minimarket Kamajaya Mart.

Observasi tempat dilaksanakan bersamaan dengan survey lokasi pada tanggal 03 April 2021.

Dari hasil analisa dan observasi lokasi usaha, didapatkan informasi sebagai berikut:

  1. Kamajaya Mart merupakan unit usaha toko desa milik Bumdes Kemudo, dimana segmentasi utamanya adalah masyarakat desa Kemudo. Sehingga penyediaan barang berorientasi pada kebutuhan sehari-hari masyarakat desa Kemudo.
  2. Lokasi toko dekat dengan beberapa pabrik, sehingga segmentasi pasar Kamajaya Mart selain masyarakat Kemudo adalah karyawan pabrik yang berada disekitar Kamajaya Mart.
  3. Kamajaya Mart mudah diakses, berada di jalan masuk utama menuju perkampungan dan beberapa pabrik, dengan parkir yang cukup dan rambu yang mudah dilihat pengendara.
  4. Kamajaya Mart merupakan toko modern dengan konsep family store, yaitu toko yang berfokus pada penyediaan barang-barang kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti sembako, toiletries, personal care, dll.
  5. Kamajaya Mart menyediakan fasilitas perbankan seperti tarik tunai, transfer, pulsa, pembayaran listrik, dll. Fasilitas ini menjadi salah satu daya tarik pelanggan untuk mengunjungi toko.
  6. Kamajaya Mart menyediakan space khusus produk lokal UMKM warga Kemudo.
  7. Kompetitor terdekat dengan Kamajaya Mart yaitu toko berjejaring Indomaret dan toko modern lokal PH 3, untuk penentuan harga jual Kamajaya Mart tentunya dapat bersaing dengan toko kompetitor dikarenakan sumber barang dari distributor langsung.
  8. Kamajaya mart menyediakan fasilitas kamar mandi umum berbayar, segmentasi utama untuk penyediaan kamar mandi umum adalah para sopir kontainer yang setiap hari melakukan kegiatan muat barang di pabrik SGM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET