Modul TEKAD Penguatan BUM Desa Bagian Lima: Pemasaran Produk-Produk Unggulan Desa

Bumdes.id – Salah satu target utama program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) bentukan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) adalah meningkatkan skala usaha BUM Desa dan Lembaga Ekonomi setara, maupun akselerasi perekonomian di daerah-daerah Indonesia Timur. 

Peningkatan skala usaha dan akselerasi usaha ini dilakukan salah satunya dengan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan lembaga BUM Desa, sumber daya manusia pengelola BUM Desa dan pemahaman dalam pengembangan produk-produk unggulan desa. 

Dalam modul TEKAD kelima yang disusun Tim Konsultan Bumdes.id membahas mengenai strategi pemasaran produk-produk unggulan desa dan daerah yang berpotensi menjadi alat pengembangan ekonomi daerah.

Produk-produk unggulan daerah akan menjadi alat katrol untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, meningkatkan pendapatan masyarakat lokal dan tentunya memutar ekonomi lokal secara sirkuler maupun memutar ekonomi menjadi keluar. 

Pada modul TEKAD kelima mengenai pemasaran produk-produk unggulan desa, para trainer akan melatih para pengurus BUM Desa dan lembaga ekonomi daerah mengenai strategi kemampuan, keterampilan dan melaksanakan eksekusi pemasaran produk-produk unggulan desa agar dapat dikenal di luar daerah.

Modul terdiri atas tiga enam mata latih yang wajib dikuasai pengurus BUM Desa yang diberikan oleh trainer dengan berbagai metode seperti metode ceramah, studi kasus, peta analisis hingga diskusi dua arah. 

Mata latih pertama adalah peserta akan memahami pengertian produk, konsumen dan pemasaran. Mata latih ini akan mengajarkan pengurus BUM Desa dalam menentukan produk unggulan desa yang menjadi potensi permintaan pasar. Jadi tidak semua produk-produk desa yang sama dengan daerah lain dapat dioptimalkan, pengurus BUM Desa dapat memilih optimalisasi produk-produk tertentu.

Mata latih tersebut juga akan mengajarkan pengurus dalam memetakan pasar-pasar konsumen dalam sebuah kertas kerja yang disusun bersama. Pasar konsumen harus dicari, dan kalau perlu dibentuk agar dapat menyerap produk-produk unggulan yang telah dipersiapkan.

Mata latih selanjutnya dalam modul TEKAD ini adalah mengidentifikasi produk desa, mengidentifikasi target konsumen yang akan menjadi sasaran, serta cara meningkatkan nilai jual serta melakukan strategi evaluasi pemasaran produk. 

Proses pelatihan ini akan memberikan pemahaman bagi pengurus BUM Desa untuk membantu akselerasi produk unggulan desa sehingga memberikan efek multiplier bagi tumbuhnya pusat-pusat pendapatan baru di daerahnya dari optimalisasi produk unggulan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *