Master of Trainers (MOT) Bumdes.id – Kemendes: Menyiapkan Pelatih Handal Untuk Pembangunan Indonesia Timur

Bumdes.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Tim Konsultan Bumdes.id untuk melaksanakan Master of Trainers (MOT) Penguatan BUM Desa pada 12-14 Oktober 2023 di Ambon Maluku. 

Sasaran peserta MOT ini adalah calon-calon trainer atau pelatih pengurus BUM Desa yang nantinya akan diterjunkan ke 9 provinsi di Indonesia Timur untuk melatih pengurus-pengurus BUM Desa dalam berbagai hal mengenai peningkatan kualitas kelembagaan dan usaha BUM Desa serta lembaga ekonomi daerah lainnya.

Program MOT ini merupakan bagian penting dari Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) yang disusunn Kemendes PDTT bersama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) dengan skema pinjaman dan hibah luar negeri dalam rangka program pemberdayaan masyarakat.

Skema hibah dan pinjaman dari IFAD ini nantinya akan menyasar 9 provinsi seperti Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah. Wilayah ini terdiri dari 25 kabupaten dan tersebar di 1.100 desa atau kampung.

Program MOT Kemendes PDTT bersama Bumdes.id dibuka ssecara langsung oleh Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bapak Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.Si., M.M. serta jajaran dari Kementerian Desa PDTT.

Bumdes.id sendiri sebagai mitra partner menurunkan beberapa tenaga ahli sebagai narasumber dalam pelatihan master of trainers antara lain: 

  1. Rudy Suryanto (Founder Bumdes.id)
  2. Havri Ahsanul Fuad, S.Ak, M.Ak penyusun modul Perencanaan Usaha (Konsultan Bumdes.id)
  3. Edy Risdiyanto, S.T penyusun modul Ice Breaking dan Metode Pelatihan (Ex Direktur BUM Desa Srimartani, Pengawas BUM Desa Bersama Piyungan)
  4. Agus Choliq, S.E, MM penyusun modul manajemen operasional (Direktur BUM Desa Tridadi Makmur)
  5. Isa Ansori, S.Pd penyusun modul Legalitas (Direktur BUM Desa Kemudo Makmur)
  6. Tristi Sintawati, S. panyusun modul pemasaran (Direktur BUM Desa Binangun Jati Unggul)
  7. Agus Setyanta, S.Sos penyusun modul Lokal Konteks (Direktur BUM Desa Amarta)
  8. Sutardi, S.HI.,MEK penyusun modul literasi keuangan (Direktur BUM Desa Mekaring Pono)

Selain menjadi mitra pelaksana MOT, Bumdes.id juga menjadi mitra penyusun modul TEKAD berupa 7 modul pelatihan. MOT juga menjadi ajang penyampaian materi-materi tujuh modul antara lain Modul Metode Pelatihan dan Ice Breaking, Modul Legalitas BUM Desa, Modul Perencanaan Bisnis, Modul Manajemen Operasional BUM Desa, Modul Pemasaran, Modul Lokal Konteks, dan Modul Literasi Keuangan. Pelaksanaan MOT yang diselenggarakan di Ambon ini diikuti oleh kurang lebih 50 Peserta pegiat desa yang berasal dari 9 provinsi di Wilayah Indonesia Timur.

Nantinya output dari Master of Trainers (MOT) ini akan muncul pelatih-pelatih handal yang akan mendampingi pengurus BUM Desa di 9 provinsi sasaran di Indonesia Timur. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *