Pelatihan Membuat Logo BUMDes

Pada era ini banyak sebuah usaha maupun organisasi baru yang memiliki peran dan tujuan yang berbeda-beda, hal ini menjadikan persaingan untuk mendapatkan simpati masyarakat juga semakin besar, salah satunya adalah membuat logo. 

Logo merupakan salah satu identitas sebuah merek yang umum digunakan dalam sebuah identitas. Dengan adanya logo masyarakat bisa mengenal suatu identitas yang dibangun oleh sebuah brand atau usaha. 

Seperti halnya pada BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) juga memiliki logo masing-masing yang berbeda sesuai dengan filosofis dan representasi dari unit usaha BUMDes.

BUMDes merupakan sebuah singkatan dari Badan Usaha Milik Desa. Peraturan tentang BUMDes ini telah diterbitkan oleh pemerintah yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) tentang Badan Usaha Milik Desa yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Februari 2021.

BUMDes merupakan sebuah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Dalam hal ini peran usaha BUMDes juga diperlukan untuk merancang sebuah logo yang sesuai dengan visi misi BUMDes yang kemudian bisa dituangkan dalam sebuah logo.

Logo adalah salah satu hal penting bagi sebuah perusahaan atau usaha Anda. Dengan adanya logo mampu mencerminkan sebuah identitas dari perusahaan itu sendiri agar lebih dikenal banyak orang, oleh karena itu membangun brand adalah hal yang penting dalam memulai bisnis. 

Meskipun ada sebagian logo yang tidak mewakili dari identitas perusahaan, akan tetapi kebanyakan logo yang ada biasanya didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya.

Dalam membangun brand perusahaan terutama BUMDes juga diperlukan logo yang berkualitas. Karena logo merupakan sebuah representasi viasual yang akan membuat produk anda menjadi lebih unik dan menarik. 

Dalam bidang pemasaran, logo memperkuat iklan dalam pengenalan produk kepada masyarakat terutama BUMDes untuk mempresentasikan unit-unit usaha BUMDesnya.

Peran Logo BUMDes

Sesuai dengan penjelasan diatas, berikut berikut ini adalah beberapa peran dari logo BUMDes:

  1. Representasi Bisnis atau Unit Usaha BUMDes
  2. Logo menjadi hal pertama yang akan masuk dalam ingatan konsumen/pasar
  3. Logo menjadi ciri khas yang membedakan dengan kompetitor
  4. Logo yang memiliki keunikan dapat menjadi alat dalam melakukan branding dan pemasaran.
  5. Logo memiliki filosofi yang kuat sebagai bagian nilai-nilai yang terkandung dalam filosofi BUMDes

Cara Membuat Logo BUMDes

Untuk pembuatan sebuah logo usaha pada BUMDes yang baik dan memiliki nilai filosofis, berikut ini adalah poin-poin penting yang harus kamu perhatikan:

  1. Kenali filosofi BUMDes yang ingin direpresentasikan di dalam sebuah logo
  2. Memahami prinsip dasar dan elemen dalam pembuatan logo
  3. Merancang elemen-elemen kebutuhan visual yang kuat
  4. Mencari referensi logo yang orisinal
  5. Merancang tahapan membuat logo BUMDes
  6. Mampu menginterpretasikan teks dan gambar menjadi sebuah merek / logo
  7. Pembuatan logo dengan software pembuat logo berbasis vektor
  8. Perhatikan pemilihan warna dan tone

Demikianlah beberapa langkah dalam membuat desain logo BUMDes yang baik. Gunakanlah kreativitas dan jangan lupa untuk selalu meminta saran atau kritik mengenai logo yang Anda buat kepada teman maupun sahabat Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET