Kerja Pantarlih Menciptakan Desa Mandiri

Kerja Pantarlih Menciptakan Desa Mandiri

Apa itu Pantarlih?

Apa itu pantarlih dan hubungannya dengan pembentukan desa mandiri. Pantarlih adalah panitia pemutakhiran data untuk persiapan pemilihan umum tahun 2024 (pemilu 2024).

Pantarlih berkoordinasi dan bekerja langsung dibawah pengawasan komisi pemilihan umum dan atau panitia pemilihan kelurahan/desa.

Tugas dan tanggung jawab pantarlih amatlah penting dalam menciptakan demokrasi di desa agar lebih mandiri. Dengan pemutakhiran data yang valid, transparan dan kredibel. Maka pantarlih menciptakan iklim pemilu yang adil dan fair di tingkat kelurahan maupun desa. 

Jika pemilu yang tercipta nantinya bersifat adil dan fair, maka akan terbentuk struktur anggota legislatif dan anggota eksekutif yang mewakili desa serta berorientasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Tugas pantarlih berbeda dengan tugas KPU. Karena tugas pantarlih hanyalah memutakhirkan data berupa data pemilih umum dan sementara dibawah panitia pemilihan kelurahan (PPK).

Oleh karena itu, gaji pantarlih berbeda dengan gaji KPU. Pantarlih gaji mengikuti peraturan dari Peraturan Komisi Pemilihan umum Nomor 7 Tahun 2022 tentang pemilihan umum. 

Gaji pantarlih berkisar di angka 1 juta per bulan dengan masa kerja dua bulan. Total pantarlih gaji mencapai angka 2 juta untuk dua bulan.

Penguatan Pengawasan Desa dan BUMDes

Tugas pantarlih beririsan dengan demokrasi di desa. Karena fungsi koordinasi nantinya akan melibatkan struktur pemerintah desa. Pantarlih akan berkoordinasi dengan kepala desa, pengurus BUMDes, pengurus karang taruna, pengurus ibu-ibu PKK dan juga warga masyarakat. 

Jika tugas pantarlih mampu memutakhirkan data pemilih di tingkat desa secara sempurna. Maka akan memudahkan perangkat desa dalam mengkondisikan iklim pemilu 2024 agar tidak menciptakan tensi yang tinggi. 

Pantarlih menjadi kunci bagi desa agar pemilu 2024 dan bahkan pemilihan kepala desa nantinya dapat berjalan dengan baik. Karena data pemilih tetap pemilu di sebuah desa dapat digunakan untuk pemilihan kepala desa.

BUMDes Mandiri diawali Desa Mandiri

Jika pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, maka masyarakat desa dapat bersatu dalam Musyawarah desa untuk bersama-sama merencanakan program-program strategis demi kemajuan desa.

Masyarakat dapat meninggalkan politik identitas paska pemilu 2024 dan berfokus membesarkan BUMDes untuk mencapai tujuan terciptanya kesejahteraan desa. Masyarakat desa tidak lagi terus-menerus berkonflik dari residu pemilu.

Pemerintah desa dan BUMDes dapat memulai langkah-langkah strategis untuk menciptakan strategi usaha meningkatkan kesejahteraan desa berupa:

  1. Merancang unit usaha yang bersifat padat karya. Politik identitas dan konflik pemilu dapat diredakan jika Pemdes dan BUMDes mampu menciptakan usaha yang menyerap lapangan kerja seperti penciptaan desa wisata atau menginisiasi produk-produk unggulan desa seperti air BUMDes, kerajinan tangan hingga rempah-rempah. 
  2. Merancang program peningkatan skala usaha pengurus BUMDes dan pemerintah desa. Sehingga pengelolaan program tidak hanya bersifat administratif dan itu-itu saja. Pemdes hanya melayani program administrasi dan BUMDes hanya menjalankan usaha yang sudah ada. Padahal potensi yang bisa dikembangkan masih banyak.
  3. BUMDes dapat merancang strategi memperoleh sertifikat badan hukum agar mempunyai kekuatan bermitra dengan partner-partner penting. Misalnya pengurus BUMDes dapat melakukan audiensi atau berkoordinasi dengan wakil-wakil rakyat dari daerah pemilihan desa tersebut untuk membantu membuka jaringan dengan daerah-daerah lain. 

Training of trainers (TOT) yang diadakan Bumdes.id membantu pengurus BUMDes untuk mampu merancang program-program strategis terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Selain itu, TOT ini juga membantu pengurus BUMDes meningkatkan skala kapasitasnya dalam memetakan potensi usaha, bertemu dan berdiskusi dengan direktur BUMDes sukses serta pemangku kepentingan di luar desa seperti akademisi dan praktisi industri. 

Jika ingin mengikuti Training of trainers (TOT) yang diadakan Bumdes.id di Sekolah BUMDes Nogotirto dapat menghubungi nomor Tim Bumdes.id di: 087-805-900-800

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET