Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi SDM Pengurus BUM Desa Pagerungan Jaya Desa Pagerungan Besar, Kec. Sapeken, Kab. Sumenep

Bumdes.id – Pada awal bulan desember yang lalu, Bumdes.id menjadi mitra kerjasama dan narasumber pelatihan peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pengurus BUM Desa Pagerungan Jaya yang berlangsung selama 3 (tiga) hari di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh 12 (dua belas) peserta yang terdiri dari Kepala Desa sekaligus Penasehat BUM Desa, Sekretaris Desa Pagerungan Besar, Pengawas BUM Desa, Direktur BUM Desa, Bendahara BUM Desa, Sekretaris BUM Desa, para manager Unit Usaha BUM Desa, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tokoh Masyarakat dan Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Sapeken.  

Bumdes.id menurunkan 5 (lima) orang tenaga ahli dan konsultan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya Ibu Tristi Sintawati (Direktur BUM Desa Binangun Jati Unggul), Bapak Agus Setyanta (Direktur BUM Desa Amarta), Saudara Havri Ahsanul Fuad (Konsultan Bumdes.id), Saudara Denny Aryudi (marketing communication Bumdes.id) dan Bapak Sutardi (Direktur BUM Desa Mekaring Pono).

Para peserta mendapat beberapa materi diantaranya Model bisnis BUM Desa sebagai konsolidator usaha ekonomi masyarakat, sinergitas multipihak dalam pengembangan BUM Desa, sharing praktik terbaik pengelolaan BUM Desa, mempersiapkan sumber daya manusia BUM Desa di era digital, peran media sosial dalam pemasaran produk unggulan desa, membuat konten produk unggulan desa melalui optimalisasi whatsapp business dan praktek fotografi produk unggulan desa menggunakan smartphone serta kunjungan lapangan ke BUM Desa inspiratif. 

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir, salah satunya ketika sesi diskusi, para peserta menggali kembali pengetahuan terkait dengan kiat-kiat mengembangkan desa melalui BUM Desa, cara bekerja sama dan melibatkan kelompok masyarakat lain dalam pengembangan desa, dan strategi dalam melakukan pemasaran produk Desa sehingga dapat memiliki pasar yang luas dan efektif. Tidak hanya itu, para peserta juga sangat antusias ketika mengikuti kegiatan lapangan dimana peserta menggali informasi terkait dengan pengelolaan sampah dan mencoba sendiri sensasi permainan di embung potorono, taman dino park serta wisata susur sungai yang dikelola oleh BUM Desa Mekaring Pono Potorono. (Prass)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET