Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes 2022

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes 2022

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes 2022

Bumdes.id – Bagaimana jika organisasi bernama badan usaha milik desa tidak memiliki laporan keuangan yang baik dan terstandar? 

Jawabannya sudah pasti akan sulit mendapat kepercayaan dari pemangku kepentingan masyarakat desa maupun pihak ketiga seperti industri dan perguruan tinggi. 

Padahal jika BUMDes memiliki laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan standar. 

Maka akan memudahkan pihak-pihak lain mengawasi transparansi BUM Desa serta akan dengan mudah bisa bekerjasama dengan BUM Desa. 

Jika laporan keuangan baik, maka sistem organisasi BUM Desa juga baik.

Apa saja yang menjadi bagian dari laporan keuangan BUMDes?

Laporan keuangan BUMDes secara detail terdapat dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021. 

Peraturan ini menjelaskan jenis-jenis apa saja laporan keuangan yang wajib ada di BUM Desa seperti laporan realisasi anggaran, proyeksi usaha hingga laporan pendapatan dari unit usaha. 

Laporan-laporan ini jika tersusun dengan baik akan memudahkan pengurus BUMDes melakukan pertanggungjawaban, serta memudahkan pihak ketiga melakukan pengawasan. 

Jika laporan keuangan bersih dan transparan, maka tidak akan ada saling curiga para pengurus dan masyarakat desa.

Bagaimana menyusun laporan keuangan BUMDes yang baik dan sesuai dengan standar?

Penyusunan laporan keuangan BUMDes tidak bisa terlepas dari peraturan pemerintah No 11 Tahun 2021 dan juga PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan) yang tersusun dari kaidah-kaidah organisasi BUM Desa. 

Selain itu, jika pengurus BUMDes belum memahami prosedur penyusunan laporan keuangan dapat mengikuti pelatihan penyusunan laporan keuangan BUMDes oleh Bumdes.id.

Apa saja yang materi dalam Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes oleh Bumdes.id? 

  1. Pelatihan menyusun laporan keuangan sesuai dengan PP 11 Tahun 2021 secara detail dan dari tahapan paling bawah. Anda tidak perlu memiliki latar belakang ekonomi akuntansi untuk mengikuti pelatihan ini, semua latar belakang bisa bahkan lulusan SMA/SMK sekalipun akan didampingi mulai dari nol.
  2. Pelatihan ini dimulai dari pemahaman filosofi, teori dan tata kelola SOP Penyusunan laporan keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan praktek menggunakan kertas kerja keuangan.
  3. Pelatihan ini juga akan memberikan kemampuan peserta dalam mengolah laporan keuangan dalam bentuk digital menggunakan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB). Jadi selain peserta bisa menyusun laporan keuangan berbentuk manual maka bisa juga menyusun laporan keuangan secara otomatis. 

Siapa saja yang mengajar dalam Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes?

Pelatihan akan bersama dengan konsultan Bumdes.id yang telah berpengalaman dalam mendampingi ribuan BUM Desa se-Indonesia. 

Mulai dari pendampingan permasalahan keuangan, penyusunan laporan keuangan hingga menyelesaikan tata kelola manajemen dan kelembagaan.

Lokasi pelatihan penyusunan laporan keuangan BUM Desa? Pelatihan ini di Sekolah BUMDes Nogotirto Sleman.

silakan bisa menghubungi kontak 0857-7290-08000878-0590-0800

Download File RAB Pelatihan Bumdes.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET