Pendampingan Kelembagaan BUM Desa Pagerungan Jaya

Bumdes.id – mendapat kepercayaan dari Kangean Energy Indonesia (KEI) dan SKK Migas, Bumdes.id mendampingi pembentukan kelembagaan BUM Desa Pagerungan Jaya yang berada di Desa Pagerungan Besar.

Program Pendampingan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) berbasis BUM Desa yang dicetuskan KEI dan SKK Migas untuk memberdayakan masyarakat dan BUM Desa yang berada di wilayah eksplorasi minyak dan gas di Kepulauan Kangean, Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur. 

Tahapan yang dilakukan Tim lapangan Bumdes.id adalah melakukan penggalian data lapangan, melakukan konsolidasi dengan tim perumus yang merupakan perwakilan dari berbagai unsur seperti kepala desa, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Berikut linimasa peta jalan pendampingan pembentukan tim perumus pelembagaan BUM Desa Pagerungan Jaya:

  1. Pengumpulan Data Primer Desa dan Wawancara dengan Pemerintah Desa Pagerungan Besar
  2. Konsolidasi dan Pembekalan Tim Perumus Pelembagaan BUM Desa Pagerungan Jaya
  3. Musyawarah Desa (Musdes) Sosialisasi Pendampingan Pelembagaan dan Model Bisnis BUM Desa Pagerungan Jaya

Selanjutnya, Tim Lapangan Bumdes.id melakukan FGD secara paralel dengan berbagai unsur masyarakat untuk menjaring aspirasi, masukan serta berbagai persiapan membentuk kelembagaan BUM Desa Pagerungan Jaya.

Berikut langkah-langkah yang telah dilakukan tim lapangan Bumdes.id dengan mengawali melalui FGD Tim perumus dan diikuti elemen-elemen masyarakat lainnya dan diakhiri dengan rapat besar Badan Permusyawaratan Desa.

  1. FGD Internal Tim Perumus
  2. FGD Pemuda
  3. FGD Perempuan (PKK dan UMKM)
  4. FGD Direksi BUM Desa Pagerungan Jaya
  5. Rapat Paripurna BPD & Pemdes Pagerungan Besar

 

Dari hasil FGD-FGD di atas yang dilakukan dengan lintas unsur masyarakat kemudian dipersiapkan Musyawarah Desa yang berisi perubahan dan/atau penyesuaian dari hasil masukan-masukan sebelumnya atau disebut secara formal adalah Musyawarah Desa Penetapan Penyesuaian Pendirian Badan Usaha Milik Desa Pagerungan Jaya.

Output akhir pendampingan kelembagaan BUM Dea adalah dengan terbitnya sertifikat badan hukum BUM Desa dimana Bumdes.id membantu dalam pendaftarannya sampai dengan terbitnya sertifikat badan hukum tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *