Pentingnya Logo BUMDes Nasional untuk Branding Desa

Pentingnya Logo BUMDes Nasional untuk Branding Desa

Membuat logo BUMDes nasional dapat dilakukan setelah pendirian BUMDes selesai. BUMDes dapat didirikan melalui musyawarah desa. Aturan ini dituliskan dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021.

Beberapa tahapan dan tatacara pendirian juga diatur dalam payung hukum yang sama, misalnya persiapan draft anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta pengesahan pendirian melalui peraturan desa.  

Selain mengesahkan dokumen-dokumen pendirian. Pengurus BUMDes dan pemangku kepentingan desa dapat mulai menyusun logo bumdes.

Logo bumdes kemendesa dapat menjadi referensi rujukan tata cara membuat logo BUMDes. Caranya dengan mencari pembanding logo-logo BUMDes yang telah mendapat sertifikat badan hukum.

Membuat logo bumdes sendiri diserahkan secara musyawarah kepada masyarakat desa. Sehingga kemendes pdtt tidak mengatur secara detail.

Kemendesa hanya mengatur bahwa BUMDes dapat mengelola dirinya sendiri sesuai dengan amanat Undang-Undang Desa Tahun 2014. 

Berikut tahapan dan cara membuat logo bumdes 2022:

1.Pelajari visi dan misi desa

Salah satu cara termudah membuat logo bumdes adalah melihat visi dan misi desa. Visi-misi ini berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan desa.

Biasanya akan lebih mudah membuat logo bumdes nasional dari akar budaya desa. 

Misalnya desa-desa yang menjadi produsen padi, maka membuat logo bumdes 2022 dapat dengan meminjam lambang padi ke dalam logo bumdesnya.

Cara yang sama juga bisa dilakukan dengan budaya desa. Desa-desa yang memiliki kearifan lokal pembuat keris seperti di Bantul Yogyakarta, dapat membuat logo bumdes nasionalnya dari siluet berbentuk keris dengan nama BUMDesnya. 

2. Menerjemahkan Logo Bumdes Nasional ke dalam narasi

Membuat logo bumdes juga wajib disertai dengan narasi atau penjelasan atas isi logonya. Sehingga bagi masyarakat luar desa dapat memahami arah desain logo bumdes.

Logo bumdes dan artinya dapat dijelaskan dalam dokumen sendiri seperti company profile (profile BUMDes) serta disandingkan dengan profile desa. 

Misalnya BUMDes yang menggunakan logo bumdes nasional dari padi dan kapas dapat menjelaskan filosofi padi sebagai perwujudan dewi sri dengan harapan membawa kemakmuran bagi warga desa. 

Bagi BUMDes-BUMDes yang memiliki kearifan lokal dengan mata air desa, dapat menjadikan mata air sebagai logo bumdes 2022 serta dijelaskan asal muasala air mata desa berasal. 

3. Membuat logo BUMDes dengan aplikasi desain

Membuat logo bumdes setelahnya adalah memasukkan ke dalam desain aplikasi. Anda bisa membuat dengan aplikasi pengolah gambar seperti adobe photoshop, corel draw atau yang lebih mudah dengan canva. 

Nantinya logo bumdes dapat didownload dengan format logo bumdes cdr atau logo bumdes png agar mudah dipindahkan ke templat surat menyurat atau diprint menjadi halaman muka sebuah amplop untuk surat menyurat. 

Mendownload logo BUMDes juga dapat dipasang di website desa untuk memudahkan perangkat desa dan pengurus BUMDes lainnya melihat dan menyusun dokumen lainnya yang membutuhkan logo bumdes nasional milik desanya. 

Logo BUMDes selanjutnya dapat dituangkan menjadi stempel. Contoh stempel bumdes terbaru dapat dilihat dari logo-logo BUMDes yang pernah surat menyurat dengan desa atau BUMDes anda. 

Logo BUMDes menjadi sangat krusial karena berhubungan dengan branding desa dan branding unit usaha serta produk-produk BUMDes di kemudian hari. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET