Praktek Langsung Pemasaran Produk Desa Melalui Localoka

Bumdes.id – Selama lebih dari sebelas kali pemberian materi dari Bank BRI dan juga Bumdes.id. Pelatihan Deepening Desa BRILian bagi desa-desa pemenang ditutup dengan praktek langsung pemasaran produk-produk unggulan desa. 

Produk unggulan desa sendiri merupakan bagian penting dari usaha desa untuk bisa mandiri. Melakukan peningkatan nilai jual bahan-bahan mentah desa, mengolahnya dan kemudian mempromosikan untuk mendapatkan penghasilan yang bisa mensejahterakan masyarakat desa. 

Proses ini dapat dilalui salah satunya melalui peningkatan kapasitas pengurus BUMDes agar memetakan kelahiran produk unggulan desa yang memberikan nilai manfaat imbal balik. BUMDes tidak sekedar menjalankan program kerja sebagai lembaga formal desa. Tetapi secara nyata membantu kelahiran produk desa dari pemetaan, penyiapan, pengemasan dan bahkan pemasaran melalui strategi digital marketing. 

Bank BRI sebagai bank yang telah berpengalaman dalam mendampingi sektor umkm dan desa, serta memiliki infrastruktur digital khususnya literasi digital. Memberikan kesempatan bagi pengurus BUMDes dan UMKM desa untuk bisa mempromosikan produk-produk unggulan desanya ke dalam ekosistem aplikasi BRI Group yang disebut Localoka. 

Localoka merupakan aplikasi digital dari Bank BRI yang dikhususkan bagi pengurus BUMDes maupun pengusaha UMKM di desa untuk mempromosikan produk-produk unggulan desanya. Aplikasi ini memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan aplikasi sejenis. 

Berikut beberapa keunggulannya:

  1. Aplikasi Localoka terhubung langsung dengan fasilitas perbankan BRI seperti LinkUMKM (jaringan pengusaha umkm yang dikelola BRI), KUR Digital (kini pengusaha UMKM dan BUMDes dapat mengajukan kredit secara digital tanpa jaminan dan tanpa harus datang ke kantor bank) serta terkoneksi dengan BRILink (Laku pandai yang dapat dimanfaatkan BUMDes untuk membuka usaha di bidang payment point online bank. 
  2. Aplikasi Localoka memiliki fitur menambahkan produk secara mandiri. Sehingga tidak memerlukan verifikasi faktual produk. Verifikasi cukup sekali ketika akun pertama kali dibuat. Dengan fitur seperti ini, maka BUMDes dapat mengunggah beragam produk produk unggulan desa. Baik dari produk yang dikelola BUMDes, atau ratusan produk-produk unggulan yang dikelola masyarakat desa secara mandiri. Menarik bukan? 
  3. Pada sesi terakhir, peserta yang terdiri dari Pengurus BUMDes, anggota BPD, manajer unit usaha BUMDes hingga staf pemerintahan desa mencoba langsung mengunduh aplikasi Localoka. Mencoba melakukan verifikasi akun dan mencoba mengunggah contoh produk unggulan desa. 

Bank BRI dan Bumdes.id berharap dengan hadirnya Localoka dapat menambah kesempatan produk-produk unggulan desa untuk dikenal publik dan masyarakat luas. Produk unggulan tidak lagi hanya diperjualbelikan secara tatap muka tetapi bisa diakses secara virtual melalui Localoka. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *