Program Pendampingan Bumdes 2023 (Digitalisasi)

pendampingan bumdes 2023

Pendampingan Digitalisasi BUMDES ini ditujukan bagi BUMDES yang belum secara optimal mengelola sosial media dan penjualannya secara online, BUMDES yang belum memiliki website ataupun belum optimal dalam mengelola websitenya secara profesional.

Melakukan pendampingan Digitalisasi BUMDES dari teknik digital marketing, marketplace, optimalisasi social media dan pembuatan website transfer knowledge kepada stakeholder desa terutama Pemerintah Desa dan Pengelola BUMDES mengenai pentingnya digitalisasi bagi BUMDES untuk meningkatkan perekonomian desa.

Bumdes.id sebagai aggregator dan komunitas BUMDes terbesar di Indonesia, serta menjadi pusat pelatihan BUMDes di Indonesia, Bumdes.id memiliki beragam program pelatihan pengembangan kapasitas dan pendamping BUMDes. 

Pelatihan dan pendampingan yang digelar oleh Bumdes.id berangkat dari pengalaman mendampingi ribuan BUMDes di Indonesia sepanjang lebih dari 8 tahun lamanya sejak Undang-Undang Desa disahkan pada tahun 2014. 

Pada tahun 2020 saat Undang-Undang Cipta Kerja disahkan Pemerintah Republik Indonesia dan DPR RI, dengan salah satu pasalnya memberikan mandat BUMDes menjadi badan hukum. 

Bumdes.id juga melakukan pendampingan BUMDes untuk mengawal BUMDes-BUMDes di Indonesia memperoleh sertifikat badan hukum dari Kementerian Desa PDTT dan Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Pada tahun selanjutnya 2021, ketika lahir Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 Mengenai Badan Hukum BUMDes. Bumdes.id dipercaya Bank BRI dalam Program Desa Brilian untuk mendampingi ribuan desa dan pendampingan bumdes di desa-desa yang masuk menjadi finalis.

Program Desa Brilian yang melibatkan pendamping BUMDes dari Bumdes.id diikuti oleh lebih dari delapan ribu desa di Indonesia, Term of Refrence ( TOR) Pendampingan tata kelola Bumdes

Dari berbagai pengalaman pendampingan Bumdes ini, bumdes.id memiliki program dan metodologi kurikulum BUMDes. Program pendampingan bumdes dapat diawali dari Training of Trainers (ToT) Pendamping BUMDes yang digelar reguler setiap bulan di Sekolah BUMDes. 

Pendampingan BUMDes Berbasis Studi Kasus

Pendamping BUMDes yang dilakukan Bumdes.id dapat pula berbentuk pendampingan berbasis studi kasus. 

Bumdes.id berpengalaman mendampingi masalah-masalah Bumdes yang spesifik dan unik, dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengurus BUMDes dan masyarakat desa di tempat pendampingan. 

Berikut beberapa program-program unik dan spesifik yang berhasil didampingi Bumdes.id:

  1. Pendampingan Bumdes Kemudo Makmur di Prambanan Klaten. Bumdes.id mendampingi Bumdes Kemudo Makmur setelah ditunjuk PT Sarihusada (Danone) dalam program CSR (corporate social responsibility) berkelanjutan. Pada pendampingan BUMDes ini, sesuai arahan dari Sarihusada dan masyarakat Kemudo kemudian digelar pendampingan pemberdayaan desa hingga umkm. Bumdes.id mendampingi pembentukan Toko Kamajaya Mart menjadi supermarket desa yang menjadi mata rantai etalase produk-produk umkm. Kini Toko Kamajaya Mart menjadi tempat penjualan produk-produk umkm desa yang kemudian diteruskan ke supermarket-supermarket seluruh Kabupaten Klaten.
  2. Pendampingan Bumdes dalam Desa Brilian di Desa Sukalaksana Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Bumdes.id mendampingi Desa Sukalaksana yang menjadi finalis desa brilian untuk menyusun ekosistem potensi desa dalam sebuah paket wisata berkelanjutan. Desa Sukalaksana bersama dengan BUMDesnya berhasil mengemas paket wisata berbasis alam (dengan menawarkan pertanian dan peternakan sebagai ekowisata), penataan homestay desa standar asia tenggara hingga menyatukan semuanya dalam paket wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Sampai saat ini, Bumdes.id masih mengadakan pendampingan bumdes baik dalam bentuk tatap muka maupun daring. Bumdes.id baru saja mengadakan pendampingan bumdes dalam bentuk pendampingan jarak jauh online (PPJO) bersama NGO Surfaid untuk pengurus BUMDes di wilayah Sumba dan Bima di Nusa Tenggara Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET