Training of Trainers Pendamping BUMDes Politeknik Negeri Bengkalis

Pendamping BUMDes

Bumdes.id – Training of Trainers pendamping Bumdes bersama dengan 10 dosen dari Politeknik Negeri Bengkalis pada 24 Oktober 2022. 

Acara berjalan dengan lancar, pada hari pertama in class diskusi berjalan dua arah dikarenakan dari peserta masih belum mengetahui apa itu BUMDes.

Hal ini juga merupakan kerjasama Bumdes.id dengan Politeknik Negeri Bengkalis untuk mengetahui lebih dalam mengenai BUMDes Tata Kelola BUMDes, Filosofi dan Revitalisasi BUMDes Paska PP 11 tahun 2021. 

Sharing Praktik Terbaik BUMDes, Laporan Keuangan BUMDes, Penyusunan Usaha dan Praktek Pemetaan Bentang

Acara berlanjut dengan materi dari Dr. Rudy Suryanto, SE., M.Acc, Ak, CA. terkait dengan materi Filosofi BUM Desa.

Selain itu BUM Desa juga mendapatkan strategi revitalisasi dan badan hukum yang jelas untuk memberikan landasan hukum bagi kegiatan yang dilakukan untuk memajukan masyarakat yang ada di wilayah tersebut. 

Perlu diketahui bahwa usaha BUM Desa terdapat dua pilihan yakni bidang ekonomi yang meliputi kegiatan usaha produksi, perdagangan dan jasa, yang kedua yakni bidang layanan umum yang meliputi pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. 

Materi dilanjutkan oleh Tristi Sintawati terkait dengan sharing praktik terbaik untuk pengelolaan BUM Desa. 

Tidak hanya itu saja acara dilanjutkan dengan materi dari Havri Ahsanul Fu’ad terkait dengan penyusunan usaha dan praktek pemetaan bentang dan studi kelayakan usaha. 

Closing statement bahwa selaku pengelola BUM Desa harus bisa mengelola semuanya dengan baik untuk  tujuan bersama dan agar masyarakat sejahtera.

Di hari terakhir peserta diajak untuk melakukan kunjungan studi lapangan langsung ke BUMDES Binangun Jati Unggul Desa Jatirejo Yogyakarta. 

Saat melakukan kunjungan peserta terlihat antusias belajar tentang usaha dan ilmu baru yang ada di BUM Desa yang dikunjungi. 

Bila tertarik bisa menghubungi BUM Desa.id melalui akun whatsapp: 0878-0590-0800 atau dengan Uswah 0812-2719-5090.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET