Apa Saja Keunikan dan Keunggulan Produk BUMDes Anda? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Jika BUMDes memutuskan untuk mengembangkan usaha yang berdasarkan pada potensi desa maka BUMDes harus memperhitungkan apakah produk yang diproduksi memiliki keunikan atau keunggulan dibandingkan dengan desa lain. Keunikan dapat diartikan sebagai sesuatu yang berbeda, lain dari yang lain, atau belum pernah ada sebelumnya. Sedangkan keunggulan bisa diartikan sebagai sesuatu yang lebih baik atau lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Penting untuk memperhatikan unsur ini karena dalam sebuah pasar tentu akan ada pesaing yang bisa saja memiliki produk yang sama tetapi memiliki kualitas yang lebih baik atau dijual dengan harga yang lebih murah. Keadaan seperti ini tentu tidak akan menguntungkan bagi BUMDes karena konsumen umumnya akan lebih memilih produk yang lebih bagus atau lebih murah untuk produk yang sejenis. Pilihannya BUMDes harus memproduksi dengan kualitas yang lebih baik lagi atau menjual dengan harga yang lebih murah lagi dibandingkan dengan pesaing.

Sedangkan bagi BUMDes yang memiliki keunikan produk akan mendapatkan keuntungan karena konsumen hanya bisa mendapatkan produk tersebut di BUMDes. Namun, meskipun BUMDes memiliki produk yang unik BUMDes tetap harus memperhatikan kualitas dari produk tersebut. Karena jika konsumen tidak merasa puas dengan kualitas produk ke depannya BUMDes bisa saja kehilangan pelanggan. Oleh karena itu lah mengapa kedua unsur tersebut penting dalam menentukan jenis usaha agar BUMDes mampu bersaing di pasar mengingat saat ini pasar global terus mengalami perkembangan.

Jadi, penting sekali pengurus BUMDes mengetahui apa saja keunikan dan keunggulan dari produknya. Karena dengan mengetahui nilai lebih dari produknya, otomatis pengurus BUMDes akan lebih mudah mempromosikan produknya dan nantinya hal tersebut diharapkan dapat memikat dan menarik perhatian konsumen. Untuk BUMDes di seluruh Indonesia, jangan lelah dalam memperbaiki dan mengembangkan produk terbaik kalian. Dengan semangat dan kerja keras, produk-produk BUMDes seluruh desa di Indonesia dapat bersaing dengan produk-produk unggulan lainnya. Saatnya masyarakat desa bangkit dan membangkitkan perekonomian dari desa. (Ayuresti/bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET