Bumdes.id Dampingi Penguatan Kelembagaan Desa Kemudo dalam Program CSR Sarihusada

Bumdes.id – PT.Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada), perusahaan yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Good (FMCG) khususnya di bidang industri susu, air mineral dan bahan-bahan konsumsi makanan minuman mengadakan program corporate social responsibility (CSR) di kawasan Pabrik Kemudo Prambanan pada tahun 2021. 

Sasaran utama Sarihusada adalah memberdayakan area penyokong pabrik Kemudo, yaitu Desa Kemudo Kabupaten Prambanan. Sarihusada menunjuk Bumdes.id untuk mendampingi program CSR Kemudo dengan menitikberatkan pada program penguatan kelembagaan Desa Kemudo, termasuk di dalamnya pemberdayaan masyarakat, BUMDes serta program-program berkelanjutan lainnya. 

Salah satu program kerja awal adalah pendampingan penguatan kelembagaan Desa Kemudo yang meliputi penggalian data awal atau asesmen lapangan dan penetapan sasaran, identifikasi produk-produk unggulan desa, serta pendampingan penyusunan peraturan desa dan anggaran dasar/anggaran rumah tangga BUMDes Kemudo Makmur. 

Program pendampingan penguatan kelembagaan yang dijalankan Bumdes.id kepada BUMDes Kemudo Makmur berjalan selama 3,5 bulan dengan kombinasi pendampingan luring dan daring mengingat pada tahun 2021 masih terjadi pandemi Covid-19. 

Pendampingan selama tiga setengah bulan dilakukan secara bertahap yaitu:

  1. Tahap satu berfokus pada pengumpulan dokumen dan data BUMDes. 
  2. Tahap kedua berfokus pada pendampingan tata kelola kelembagaan dan manajemen BUMDes.
  3. Tahap ketiga berfokus pada digitalisasi pemasaran produk-produk unggulan desa.
  4. Tahap keempat merupakan tahapan review terhadap dokumen, kelembagaan dan hasil digitalisasi.

BUMDes Kemudo Makmur sendiri telah berdiri dua tahun semenjak Undang-Undang Desa disahkan pada tahun 2014, dengan demikian BUMDes yang berdiri pada tahun 2016 ini telah menjadi badan usaha yang mengolah hasil-hasil limbah dari Pabrik Sarihusada di kawasan area pendukung Desa Kemudo. 

Pada tahun 2016, Sarihusada menggelontorkan dana CSR dalam skema Kemudo Project dengan fokus memberdayakan masyarakat Kemudo dalam mengolah bekas-bekas limbah kayu pabrik berupa palet kayu, kayu sengon, karton, kertas plastik dan jerigen plastik untuk diubah menjadi handicraft.

Sarihusada juga menyuntik dana CSR ke masyarakat sebesar Rp50.000 setiap kepala keluarga dengan total kepala keluarga sebanyak 1.589 KK. Total suntikan dana CSR ini sebesar Rp79.450.000 dan digunakan sebagai dana awal pendirian BUMDes Kemudo.

Sarihusada juga menyuntik modal BUMDes Kemudo Makmur kedua kalinya pada tahun 2016 sebesar Rp170.000.000 untuk modal usaha unit usaha BUMDes.

Lima tahun berselang, Sarihusada menggandeng Bumdes.id untuk membantu pelaksanaan CSR jangka panjang untuk penguatan kelembagaan BUMDes Kemudo Makmur paska terbitnya Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengenai Badan Hukum BUMDes. 

Pendampingan tahun 2021 yang dilakukan Bumdes.id selain memperkuat kelembagaan BUMDes Kemudo Makmur juga memperkuat kelembagaan toko desa Kamajaya Mart yang menjadi unit usaha BUMDes Kemudo Makmur. 

Di bawah dampingan Bumdes.id, pada tahun 2021 Menteri Desa Abdul Halim Iskandar mengunjungi BUMDes Kemudo Makmur kedua kalinya untuk meninjau kesuksesan toko Kamajaya Mart sebagai satu-satunya sentra produk unggulan desa yang sukses di Kabupaten Klaten. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *