Modul TEKAD Satu: Metode Pelatihan dan Ice Breaking

Bumdes.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menunjuk Bumdes.id sebagai mitra pelaksana penyusun modul Penguatan BUM Desa program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD). 

Program TEKAD sendiri merupakan kerjasama antara Kemendes PDTT dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Program TEKAD bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa agar mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang cepat, berkelanjutan, menciptakan dan memperluas kesempatan ekonomi, serta memastikan akses yang lebih luas bagi semua lapisan masyarakat (inklusif) di Indonesia Timur.

Penyusunan Modul TEKAD ditujukan kepada trainer pendamping pelatihan yang akan memberikan pendampingan bagi pengurus BUMDes dan/atau lembaga ekonomi desa di provinsi-provinsi yang menjadi sasaran pengembangan di wilayah Indonesia Timur.

Modul TEKAD terdiri atas tujuh materi, dengan materi pertama adalah tata cara dan metode pelatihan dengan ice breaking agar peserta tidak bosan dalam menerima materi. Atau dengan kata lain peserta siap untuk menerima materi secara mudah.

Modul TEKAD materi pelatihan dan ice breaking terdiri atas tiga sub mata pelatihan yaitu metode pelatihan, metode pelatihan ice breaking dan materi ice breaking.

Pada metode pelatihan materi yang akan didapatkan peserta nantinya berupa metode interaksi, metode simulasi dan demonstrasi, metode studi kasus terhadap masalah di lapangan terhadap BUMDes dan juga lembaga ekonomi desa, brainstorming serta adanya role play dan focus group discussion. 

Materi selanjutnya mengenai metode pelatihan ice breaking yang dapat dilakukan para trainer adalah dengan menyampaikan materi dengan metode story telling, metode presentasi cerita, penggunaan video dan/atau visualisasi data seperti grafik, gambar, diagram dan foto untuk memudahkan peserta menyerap materi.

Pada metode pelatihan ice breaking juga disertai dengan petunjuk teknis menggunakan tiga metode seperti metode role play, metode focus group discussion hingga petunjuk teknis dalam memberikan instruksi kepada peserta.

Modul juga membahas contoh-contoh game ice breaking yang dapat diberikan trainer kepada peserta untuk menyegarkan suasana dengan tetap berkorelasi kepada materi pelatihan.

Contoh-contoh game yang diberikan seperti “Game Mengelola Informasi” berupa Jodoh Kata dan Saksi Bisu, selain itu trainer juga dapat melakukan game berupa Manajemen Kelompok dan Kerjasama (Team Building) berupa Trust Fall yang dilakukan di ruang terbuka seperti outbound dengan membagi ke dalam dua kelompok.

Materi-materi dalam modul TEKAD Pertama ini ditujukan agar trainer dapat mengkondisikan peserta siap untuk mendapatkan materi, berfokus pada materi, mudah untuk menyerap materi dan dapat bekerjasama secara mudah dengan sesama peserta lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *