Langkah Membantu Keuangan BUM Desa Semakin Transparan

Langkah Membantu Keuangan BUM Desa Semakin Transparan

Bumdes.id – Desa Serang Kabupaten Purbalingga merupakan Pemenang Desa Brilian 2021 Batch 2.

Jika dilihat dari kacamata keuangan, kondisi penatausahaan BUM Desa Serang Makmur Sejahtera dapat dikategorikan cukup baik.

Mengapa demikian? Secara struktural organisasi sendiri, BUM Desa Serang Makmur Sejahtera memiliki dua bendahara di Unit Usaha Wisata Lembah Asri Serang, yaitu Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran.

Hal tersebut merupakan suatu langkah besar yang telah dilakukan oleh BUM Desa Serang Makmur Sejahtera.

Mengingat masih banyak BUM Desa di luar sana yang belum menerapkan kebijakan tersebut karena terkendala masalah SDM yang kurang mumpuni.

Namun, pencapaian yang diperoleh BUM Desa Serang Makmur Sejahtera pun tentunya tak terlepas dari proses panjang yang telah dilalui hingga pada akhirnya bisa sampai di titik ini.

Adanya pemisahan tugas antara bendahara penerimaan dan pengeluaran merupakan suatu langkah ideal yang perlu diterapkan oleh BUM Desa lainnya.

Selain untuk ketertiban administrasi keuangan, tetapi juga untuk menciptakan sebuah mekanisme pertanggungjawaban yang baik dan transparan.

Transparansi laporan keuangan BUM Desa, terutama dalam hal penerimaan dan pengeluaran kas.

Merupakan hal yang sangat penting serta merupakan bentuk pertanggungjawaban para pengelola BUM Desa nya.

Terkait dengan keuangan, yang perlu diperhatikan BUM Desa ada dua hal yaitu, cara pengelolaan keuangan yang baik.

Dan cara pengupayaan transparansi informasi keuangan yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas BUM Desa secara akurat.

Tercapainya pengelolaan keuangan yang transparan serta pelaporan yang tepat, tentu dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

Sehingga, perlu adanya peningkatan pengendalian intern secara teknis agar pengelolaan keuangan BUM Desa lebih optimal seperti halnya yang telah diterapkan di BUM Desa Serang Makmur Sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KUBET